Polda Sumbar Bekuk Dua Terduga Pengedar dan Sita 6,83 Kg Sabu


Kamis, 04 Juli 2019 - 22:06:33 WIB
Polda Sumbar Bekuk Dua  Terduga Pengedar dan Sita 6,83 Kg Sabu Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Ma'mun didampingi Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi dan Wadir Resnarkoba Rudi Yulianto sedang menunjukan barang bukti saat pelaksanaan konferensi pers di Mapolda Sumbar, Kamis (4/7). AKMAL

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar berhasil mengamankan dua pengedar narkotika jenis sabu di dua lokasi berbeda pada Senin (1/7). Dari hasil penangkapan, sabu yang berhasil diamankan berjumlah 6,83 kilogram. 

Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar, Kombes Pol Ma'mun mengatakan, penangkapan pertama terjadi di pinggir jalan Soekarno Hatta Kelurahan Parit Rantang Kecamatan Payakumbuh Timur Kota Payakumbuh sekitar pukul 05.45 Wib.

"Beberapa waktu ini kami rutin menggelar patroli di wilayah perbatasan, kebetulan waktu itu kami mencurigai pengendara motor yang datang dari provinsi Riau membawa kendaraan cukup kencang. Personil yang merasa curiga terus membuntuti hingga di Payakumbuh dilakukan penghentian terhadapnya," katanya saat melakukan konferensi pers di Mapolda Sumbar, Kamis (4/7).

Ia mengatakan, pengendara motor yang berinisial OF umur 27 tahun sudah dicuriga sejak dari Pangkalan 50 Kota. Ketika dilakukan pemeriksaan terhadap OF yang merupakan warga Pakan Kurai Guguak Panjang Kota Bukittinggi itu didapati dua paket sabu yang dibungkus dengan plastik bening berada dalam tas miliknya.

"Kami memeriksa tasnya dan didapati sabu yang dibungkus, setelah ditimbang didapati sabu itu seberat 1,99 kilogram," katanya di dampingi Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Syamsi dan Wadir Resnarkoba Rudi Yulianto, 

Mendapati hal tersebut, kata Ma'mun, pihaknya terus mendalami keterangan OF termasuk sumber sabu itu didapatkan. "Kami mengintrogasi OF, dan dari keterangnnya ia memperoleh sabu dari rekannya di Pekanbaru," katanya 

Setelah mendapatkan informasi itu, tim Resnarkoba langsung bergerak melakukan perburuan terhadap warga Pekanbaru yang berinisial JM (29) yang ditemui dikediamnya Jalan Teratai Sukajadi Kota Pekanbaru dan didapati sabu seberat 4,838 kilogram.

"Kami menindaklanjuti kerangan OF, fan langsung memburu JM ke Pekanbaru, ternyata dalam pemeriksaan terhadap JM ini didapati sabu yang cukup banyak yang disimpan di dalam tas, sabu seberat hampir 5 kilogram itu dibungkus terbagi dalam bentuk lima paket besar," katanya.

Meski sudah mendapatkan dua pelaku, katanya, saat ini pihaknya terus melakukan pengembangan terhadap pengungkapan yangdilakukan timnya.

"Keduanya terus dilakukan pendalaman, termasuk sumber, wilayah edar dan juga jaringan sindikat narkoba ini. Walaupun ini tangkapan yang besar namun tidak menjadikan Sumbar sebagai daerah tujuan peredaran barang haram tersebut namun hanya sebagai tempat persinggahan," ujarnya.

Ma'mun mengatakan, kepada para tersangka akan dikenakan pasal 114 ayat (2) subsider Pasal 112 ayat (2) undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal hukuman mati. "Kepada tersangka akan dikenakan pasal berlapis dengan ancaman maksimal hukuman mati," katanya.

Selain itu, sambungnya, untuk memberantas maraknya peredaran narkoba di sumbar kepolian Indonesia bersama Kepolisan Malaysia dan Singapura dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan untuk membahas peredaran narkoba di tiga negara tersebut. (h/mg-mal)

loading...
Reporter : MAL /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Agustus 2020 - 13:11:51 WIB

    Polda Sumbar Bekuk Pengedar Sabu Seberat Hampir 1 Kilogram

    Polda Sumbar Bekuk Pengedar Sabu Seberat Hampir 1 Kilogram HARIANHALUAN.COM - Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumbar membekuk seorang tersangka pengedar narkotika jenis sabu seberat 998,69 gram. Tersangka berinisial YS (41) berprofesi sebagai supir, dibekuk di sebuah SPBU Jorong Par.
  • Selasa, 04 Agustus 2020 - 12:17:59 WIB

    Tim Resmob Polda Sumbar Bongkar Sindikat Curanmor di Padang

    Tim Resmob Polda Sumbar Bongkar Sindikat Curanmor di Padang HARIANHALUAN.COM – Sindikat pencurian kendaraan bermotor (curanmor) dibongkar oleh Tim Resmob Satbrimob Polda Sumbar. Dibawah pimpinan AKP Dwi Purwanto, tersangka ditangkap dengan dua kendaraan hasil curiannya yang TKP-nya .
  • Jumat, 17 Juli 2020 - 19:14:07 WIB

    Kasus Sabu, Catherine Wilson Jalani Pemeriksaan di Polda Metro

    Kasus Sabu, Catherine Wilson Jalani Pemeriksaan di Polda Metro HARIANHALUAN.COM - Model Catherine Wilson diperiksa di Kepolisian Daerah Metro Jaya terkait dua paket narkoba yang diduga berjenis sabu sore ini, Jumat, 17 Juli 2020. Temuan ini bermula ketika polisi mendapat laporan masyarak.
  • Ahad, 21 Juni 2020 - 18:24:42 WIB

    Ungkap Akun Palsu Penyebar Hoax, Polda Sumbar Banjir Pujian

    Ungkap Akun Palsu Penyebar Hoax, Polda Sumbar Banjir Pujian HARIANHALUAN.COM - Terungkapnya akun palsu penyebar hoax atau berita bohong Maryanto oleh Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) membuat masyarakat dan tokoh-tokoh Kabupaten Agam merasa lega. Atas kinerja pihak kepo.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 18:32:55 WIB

    Kasus Pencemaran Nama Baik terhadap Mulyadi, Tiga Orang Diamankan Polda Sumbar

    Kasus Pencemaran Nama Baik terhadap Mulyadi, Tiga Orang Diamankan Polda Sumbar HARIANHALUAN.COM - Masih ingat dengan kasus pencemaran nama baik terhadap salah seorang senator asal Sumbar yang dilakukan oleh akun media sosial di Agam? Polda Sumbar berhasil mengamankan tiga orang yang diduga terlibat dala.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]