Jemput Aspirasi, Bupati Sutan Riska Bersilaturahmi dengan Masyarakat Bonjol


Sabtu, 06 Juli 2019 - 00:50:13 WIB
Jemput Aspirasi,  Bupati Sutan Riska Bersilaturahmi dengan Masyarakat Bonjol Bupati Suran Riska akrab bersama warga Bonjol. HUMAS

DHARMASRAYA,HARIANHALUAN.COM- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan melakukan kunjungan kerja ke Nagari Bonjol, Kecamatan Koto Besar, Jum'at (05/07). Dalam kunjungan kerja ini, bupati turut membawa sejumlah Kepala Perangkat Daerah, diantaranya Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Junaidi Yunus, Kepala Dinas Pertanian, Darisman, dan Kepala Dinas Pendidikan, Marius. Serta turut pula hadir bersama bupati, Kepala Baznas Dharmasraya, A. Gani.

Kedatangan Bupati beserta rombongan disambut pemerintah nagari Bonjol di kantor wali nagari setempat. Turut pula hadir dalam kesempatan itu perangkat nagari, kecamatan serta para ninik mamak se Kanagarian Bonjol.

Bupati mengatakan, selain dalam rangka silaturahim dengan masyarakat, kunjungan kerja ini dilakukan untuk mendengarkan aspirasi, sekaligus menyampaikan informasi pembangunan serta berbagai program pemerintah yang perlu diketahui oleh masyarakat.
Pemerintah daerah, sebut bupati, secara bertahap terus berupaya memacu pembangunan di nagari, utamanya di bidang infrastruktur. Termasuk di Nagari Bonjol.

"Dan saat ini, khusus untuk Nagari Bonjol, ada beberapa pembangunan infrastruktur yang akan dilaksanakan. Seperti diantaranya pembangunan jalan di seberang batang siat dan rumah gadang Sendi Kerajaan Koto Besar," ujar bupati.

Selain infrastruktur, masalah pertanian sawah juga menjadi poin penting yang disampaikan bupati dalam kesempatan kunjungan kerja ini. Dimana bupati mengatakan, untuk bidang pertanian di Nagari Bonjol, pemerintah daerah akan mencetak kembali 33 hektar lahan bekas cetak sawah di tahun 2015 yang tidak dapat digunakan oleh masyarakat setempat.

"Lewat progam Dinas Pertanian, lahan sawah yang tidak dapat digunakan itu akan kita cetak kembali, agar bisa diolah dan membawa dampak ekonomi bagi masyarakat. Selain itu, nanti kita juga akan melakukan pengembangan perkebunan jagung dan manggis di Nagari Bonjol," tukas bupati.

Kemudian di bidang pendidikan, harapan masyarakat Nagari Bonjol terkait pembangunan ruang kelas di SD 15 dan SD 02, pembangunan pagar sekolah serta perumahan guru, ditanggapi positif oleh bupati. Bupati mengatakan, keinginan masyarakat Bonjol ini akan dianggarkan pada tahun 2020. "Sebagian sudah ada yang kita laksanakan tahun ini, diantaranya pagar dan rehab ruang belajar," tukuk bupati.

Namun demikian, di tengah geliat pembangunan infrastruktur yang terus diupayakan pemerintah, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi bagian penting yang tak boleh terlupakan. Maka dari itu, dalam kesempatan tersebut bupati juga menekankan tentang pentingnya pendidikan kepada masyarakat. Bupati berharap tidak ada anak-anak Dharmasraya yang putus sekolah, apalagi sampai tidak bersekolah.

"Jan ado nan baranti atau indak sikola dek dak ado pitih! Sampai sarjana, kalau lai kuliah di universitas negeri, dibiayai jo program Satu Keluarga Satu Sarjana lewat Baznas. Salain itu, jan ado nan sakik di rumah dek dak ado pitih mambaok ka rumah sakik. Program baznas dan sosial kito ado untuk pembiayaan urang sakik," ungkap bupati.

Selain di kantor wali nagari, bupati juga melakukan pertemuan di rumah wali nagari Bonjol bersama mahasiswa KKN-PPM Unand, dan berlanjut dengan safari Jum'at di masjid setempat.(*)
 


 Sumber : Humas /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 November 2017 - 09:45:18 WIB

    Samsat Sawahlunto Jemput Bola Tagih Penunggak Pajak

    Samsat Sawahlunto Jemput Bola Tagih Penunggak Pajak SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebagai upaya menggali potensi Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dari kendaraan yang menunggak, UPT Samsat Kota Sawahlunto melakukan penagihan aktif langsung ke alamat wajib pajak. Sasarannya tungg.
  • Rabu, 12 April 2017 - 09:53:19 WIB

    Prosesi Penjemputan Tan Malaka Tuntas

    Prosesi Penjemputan Tan Malaka Tuntas SULIKI, HALUAN – Setelah berhasil membawa tanah makam Tan Malaka ke kampung halaman, pihak keluarga akan menutup proses penjembutan jenazah selama empat hari, Kamis – Minggu (13-16/4) besok. Serangkaian acara adat dan aga.
  • Rabu, 24 Agustus 2016 - 03:46:57 WIB

    Jaring Wajib KTP, Disdukcapil ‘Jemput Bola’ ke Sekolah

    PARIAMAN, HALUAN —Dinas Kependudukan Ca­tatan Sipil (Disduk­ca­pil) Kota Pariaman turun ke sekolah-sekolah SLTA di Kota Pa­riaman untuk memberi pe­layanan pem­buatan e-KTP kepada siswa yang sudah wajib KTP. Kegiatan i.
  • Rabu, 04 Mei 2016 - 05:18:43 WIB

    Dekatkan Pelayanan, Disdukcapil Agam ‘Jemput Bola’

    Dekatkan Pelayanan, Disdukcapil Agam ‘Jemput Bola’ AGAM, HALUAN — Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam menggratiskan seluruh pelayanan dokumen kependudukan sejak tahun 2006..
  • Jumat, 01 April 2016 - 03:49:50 WIB

    Pemko Safari Fajar Jemput Aspirasi Masyarakat

    Solok, Haluan — Pemerintah Kota Solok adakan Safari Fajar guna menjalin silaturahmi dengan masyarakat, sebagai media menyampaikan informasi kepada masyarakat terkait pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemko Solok, sekali.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM