Bedah Buku Ensiklopedia, Buya Hamka Corner Bakal Hadir di Padang Panjang


Ahad, 07 Juli 2019 - 20:18:30 WIB
Bedah Buku Ensiklopedia, Buya Hamka Corner Bakal Hadir di Padang Panjang Walikota Padang Panjang Fadly Amran bersama Buya Hafif Hamka, yang merupakan anak dari Buya Hamka. APIZ

PADANG PANJANG,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyelenggarakan Bedah Buku Nasional Ensiklopedia Buya Hamka. Kegiatan dibuka langsung oleh Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano di Auditorium Mifan Water Park, Sabtu (6/7).

Kegiatan bedah buku tersebut mendatangkan Narasumber dari anak Buya Hamka sendiri yakni Buya Hafif Hamka, selain itu ada juga Dr. Izza Rohman, MA, Rifma Gulam Dzaljad, M.Si dengan dimoderatori oleh Dr. Sulaiman Juned, M.Sn.

Buya Hamka merupakan ulama dan sastrawan yang telah banyak menghasilkan karya-karya, baik dalam bidang pendidikan, dakwah maupun politik. Dengan motivasi yang terdapat dalam karyanya, sosok Buya Hamka banyak dikenal oleh penduduk Indonesia bahkan di dunia internasional.

Walikota Padang Panjang sendiri sangat suka dan terkesan dengan karya yang dihasilkan oleh Buya Hamka. Beliau memiliki perhatian terhadap perkembangan pendidikan di Padang Panjang. Hal itu dibuktikan dengan karier dan kehidupan beliau di selama di Padang Panjang.

Tidak hanya itu, Walikota mengharapkan adanya arsip bagi Padang Panjang tentang kehidupan Buya Hamka. "Kami berharap agar adanya Buya Hamka corner untuk menjawab berbagai pertanyaan terkait kehidupan Buya Hamka itu sendiri," ujar Walikota.

Lanjutnya, beliau juga menyebutkan dengan event seperti ini, diharapkan masyarakat dapat mengenal jauh bagaimana sosok Buya Hamka yang merupakan kebanggaan bersama.

"Kami sangat bersyukur dengan kehadiran Buya Hafif serta tokoh-tokoh yang telah mengenal sosok Buya Hamka, mudah-mudahan ada yang bisa kita bawa pulang dan manfaat yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya.

Sementara, Anak dari Buya Hamka sendiri mengatakan "suatu kehormatan dan kebanggaan kami yang selalu mengenang karya yang telah dihasilkan oleh orang tua kami Buya Hamka," tuturnya.

Harapannya, gagasan-gagasan yang dimiliki oleh Buya Hamka dapat memberikan motivasi bagi seluruh masyarakat.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Alvi Sena, ST, MT menyampaikan kegiatan bedah buku ini merupakan kelanjutan kerjasama yang dilakukan Pemerintah Kota Padang Panjang dengan Universitas Hamka, dikatakan Bedah Buku Nasional dikarenakan Buku Ensiklopedia Buya Hamka yang diterbitkan tersebut pertama kali di bedah di Padang Panjang. (pis)


Reporter : APIZ /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 November 2017 - 19:45:10 WIB

    LSM Amerika Bantu Bedah Rumah di Pessel

    LSM Amerika Bantu Bedah Rumah di Pessel PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), hingga kini terus bersolek di segala sektor.  Selain gencar mempromosikan Pariwisata daerah ke mancanegara, lewat tangan dingin Ketua TP-PKK P.
  • Senin, 21 Agustus 2017 - 11:11:08 WIB

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah

    BN Pessel sumbang Rp140 Juta untuk Pendidikan dan Bedah Rumah PAINAN, HALUAN—Bank Nagari Cabang Painan, Pesisir Selatan, tahun ini kembali menyalurkan bantuan Corporate Social Resposibility (CSR) sebesar Rp140 juta. Dana CSR itu diperuntukkan bagi biaya pendidikan Rp90 juta dan bantua.
  • Ahad, 07 Mei 2017 - 19:27:20 WIB

    Anggota DPR RI Refrizal Bedah Lapau di Bukittinggi.

    Anggota DPR RI Refrizal Bedah Lapau di Bukittinggi. BUKITTINGGI, HALUAN – Anggota DPR RI asal Sumbar H. Refrizal gelar pertemuan dan peresmian bedah lampau ke 987 dengan warga Agam dan Bukittinggi di gedung Zetka Belakang Balok Bukittinggi, Jumat (6/5)..
  • Kamis, 18 Agustus 2016 - 03:04:24 WIB

    TNI dan Pegadaian Bedah Rumah Warga Tak Mampu

    BATUSANGKAR, HALUAN — Ny. Aminah salah seorang veteran yang beruntung karena tidak lama lagi akan memiliki rumah baru. Rumah yang diba­ngun berkat kerjasama TNI dengan Perum Pegadaian mela­lui program CSR ini juga dalam r.
  • Ahad, 07 Agustus 2016 - 20:06:58 WIB

    Polres Solok Selatan Bedah Rumah Warga

    Polres Solok Selatan Bedah Rumah Warga SOLSEL, HALUAN -- Polres Solok Selatan (Solsel) bersama Bhyangkari membedah rumah janda miskin bernama Bainar, di Golden Arm, Nagari Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir, Minggu, (7/8)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM