Pecundangi Peru 3-1 di Laga Final, Brasil Juara Copa Amerika


Senin, 08 Juli 2019 - 11:33:09 WIB
Pecundangi Peru 3-1 di Laga Final, Brasil Juara Copa Amerika Menang telak 3-1 atas Peru, Timnas Brasil menjuarai Copa America 2019.(REUTERS/Ricardo Moraes)

BRASIL,HARIANHALUAN.COM-Dengan menang telak 3-1 atas Peru,  di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Minggu (7/7/2019) waktu setempat atau Senin (8/7) dini hari WIB, Timnas Brasil menjuarai Copa America 2019.

 Tiga gol bagi Brasil diciptakan melalui  Everton, Gabriel Jesus, dan satu gol tendangan  penalti oleh Richarlison. Gol balasan Peru di partai final ini diciptakan melalui tendang penalti Jose Paolo Guerrero.

Gol diciptakan Everton di menit ke-15,  membuat  Brasil unggul lebih pada babak pertama.
Mendapat umpan manis Gabriel Jesus dari kanan, Everton tak kesulitan meneruskan bola ke dalam gawang Pedro Gallese.

Peru sendiri tak menyerah. Tekanan mereka akhirnya membuahkan hasil di penghujung babak pertama. Pada menit ke-41, Peru dihadiahi penalti setelah bek Brasil, Thiago Silva, membuat handball saat coba menghalau umpan Christian Cueva.

Sempat dicek VAR, wasit Roberto Tobar asal Chile tetap menunjuk titik putih. Jose Paolo Guerrero yang menjadi eksekutor, tak kesulitan memperdaya Alisson dan menyamakan skor menjadi 1-1.

Di injury time babak pertama, Brasil bisa kembali unggul. Gabriel Jesus mencetak gol ke gawang Peru, setelah menerima sodoran Arthur di kotak penalti. Babak pertama berakhir 2-1 untuk keunggulan Brasil.

Di menit-menit akhir waktu normal, Brasil akhirnya bisa mencetak gol ketiganya. Pelanggaran Carlos Zambrano ke Everton membuat wasit menghadiahi penalti untuk tuan rumah. Richarlison tak kesulitan mengeksekusinya dan membawa Brasil menutup laga dengan kemenangan 3-1 dan mengangkat trofi juara.

Ini menjadi trofi kesembilan Brasil di Copa America setelah tahun 1919, 1922, 1949, 1989, 1997, 1999, 2004, dan 2007. Setelah menanti 12 tahun, Brasil akhirnya kembali menjadi yang terbaik di Amerika Latin. 

Sementara Peru harus puas menjadi runner up. Adapun Argentina menjadi tim peringkat tiga di Copa America 2019, usai mengalahkan Chile 2-1.(*)

Baca juga:

Hancurkan Argentina 2-0, Brasil ke Final Copa America 2019

 


 Sumber : detikcom /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM