Atasi Kemacetan, Dishub akan Kurangi Tempat Balik Arah di Jalan Hamka


Senin, 08 Juli 2019 - 23:51:39 WIB
Atasi Kemacetan, Dishub akan Kurangi Tempat Balik Arah di Jalan Hamka Ilustrasi, rambu dilarang balik arah (perputaran).

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Padang akan melakukan pengkajian untuk mengurangi kemacetan pada waktu-waktu tertentu di Jalan Hamka Kota Padang. Kemacetan sering terjadi pada pagi dan sore hari dari Simpang DPRD Sumbar sampai dengan Simpang Tunggul Hitam.

Kepala Dishub Kota Padang, Dian Fakhri mengatakan, pihaknya memang akan mengkaji penyebab kemacetan di Jalan Hamka tersebut. Sebab, dari pantauan Dishub jalan ini memang selalu terjadi kemacetan di pagi dan siang hari.

"InsyaAllah beberapa titik-titik kemacetan di Kota Padang terus dibenahi dan ditata bagaimana bisa mengurai kemacetan. Salah satunya itu di Jalan Hamka yang kemacetannya itu di waktu-waktu tertentu," katanya, Senin (8/7).

Ia mengatakan, salah satu yang bisa saja dilakukan yakni dengan mengurangi "youturn" (pemutaran, red). Sebab, pemutaran yang ada di lokasi tersebut cukup banyak sehingga bisa menyebabkan kemacetan.

"Itu perkiraan awal kita, yang jelas akan kita kaji dulu apa langkah yang tepat. Tapi memang salah satu yang nampak saat ini yakni pemutaran yang cukup dekat disana, bisa saja itu penyebabnya," ujarnya.

Pemutaran, sambung Dian, normalnya mempunyai jarak 400 sampai 800 meter. Jika di sesuaikan dengan keadaan di Kota Padang, seharusnya jarak pemutaran berada di setiap jarak 600 meter.

"Jarak pemutaran di Kota Padang jika dihitung dengan padatnya aktifitas dan jumlah kendaraan itu 600 meter. Bahkan di beberapa daerah itu ada yang harusnya 800 meter," katanya.

Oleh sebab itu, katanya, untuk di Jalan Hamka bisa saja ada pengurangan jumlah pemutaran sesuai dengan hitungan setelah pengkajian nantinya. "Bisa saja kita tutup untuk sementara atau kita permanenkan. Untuk sekarang belum bisa dipastikan," ujarnya.

Sebelumnya, pihak Dishub Kota Padang sudah mengaktifkan kembali lampu lalu lintas di Simpang Presiden serta sudah membongkar median jalan agar memberikan ruang lebih dan kemacetan tidak terlalu panjang. (*)

 


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 04 November 2019 - 10:29:29 WIB

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang?

    Bisakah Parkir Langganan Jadi Solusi Atasi Masalah Parkir di Padang? PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Permasalahan parkir masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Kota (Pemko) Padang. Untuk mengatasi itu, rencananya Pemko Padang akan menjalankan parkir berlangganan di Kota Padang. .
  • Senin, 17 Juni 2019 - 23:55:46 WIB

    Ide Brilian Atasi Macet, DPRD Dukung Rencana Transportasi Air di Padang

    Ide Brilian Atasi Macet, DPRD Dukung Rencana Transportasi Air di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – DPRD Kota Padang mendukung wacana Pemerintah Kota (Pemko) Padang mewujudkan program transportasi air, sebagai salah satu langkah untuk mengurangi kemacetan lalu lintas di ibukota Provinsi Sumatera.
  • Kamis, 31 Januari 2019 - 15:06:52 WIB

    Kesbangpol Bentuk Forum, Atasi Gangguan Terhadap Warga

    Kesbangpol Bentuk Forum, Atasi Gangguan Terhadap Warga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Guna mengatasi gangguan yang terdapat di masyarakat, Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Padang akan membentuk forum kewaspadaan dini masyarakat yang berfungsi sebagai 'intelijen' dari pe.
  • Senin, 26 November 2018 - 21:55:56 WIB

    Mengenal BLK Padang yang Dirancang Atasi Pengangguran

    Mengenal BLK Padang yang Dirancang Atasi Pengangguran PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Indonesia masih bergelut dengan angka pengangguran yang cukup tinggi. Data Badan Pusat Statistik (BPS), Tingkat pengangguran terbuka (TPT) di Indonesia per Februari 2018 berjumlah 6,87 juta orang a.
  • Jumat, 19 Oktober 2018 - 13:54:08 WIB

    Atasi Banjir dan Kekeringan, Padang Berencana Bangun 20 Embung

    Atasi Banjir dan Kekeringan, Padang Berencana Bangun 20 Embung PADANG, HARIANHALUAN.COM—Guna mengantisipasi potensi buruk bencana banjir dan kekeringan, Pemko Padang berencana membangun 20 kolam penampung air atau embung, yang nantinya juga akan dimanfaatkan oleh sektor kepariwisataan .

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM