Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata


Selasa, 09 Juli 2019 - 11:42:11 WIB
Jadi Warisan Dunia, Tambang Ombilin Berdampak Besar Bagi Ekonomi Pariwisata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat jumpa pers terkait ditetapkannya Tambang Ombilin jadi warisan dunia oleh UNESCO, Senin (8/7). DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Penetapan Tambang Batubara Ombilin (TBO) Sawahlunto sebagai warisan dunia pada sidang ke-43 Komite Warisan Dunia UNESCO di Pusat Kongres Baku, Azerbaijan, pada Sabtu (5/7) lalu dinilai bakal memberikan dampak besar bagi kemajuan Sumbar, khususnya di sektor pariwisata dan kebudayaan.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno saat jumpa pers bersama awak media di Istana Gubernur, Senin (8/7) sore menyebut, penetapan ini dapat meningkatkan kredibilitas serta mempermudah promosi destinasi wisata Sumbar di kancah internasional. Di samping itu, ia juga berharap setelah ini akan ada peningkatan jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Sumbar, lebih-lebih yang berasal dari luar Asia Tenggara.

"Berdasarkan data terakhir BPS, total wismanyang berkunjung ke Sumbar selama Januari–Mei 2019 mencapai 25.000 orang. Sayangnya, ini masih didominasi oleh wisman dari Asia Tenggara, khususnya Malaysia. Nah, kami berharap ke depan, dengan ditetapkannya Sawahlunto sebagai situs warisan dunia UNESCO, Sumbar akan semakin dikenal di dunia internasional, sehingga meningkatkan kunjungan wisman ke ranah Minang," ujarnya.

Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto

Selain itu, dengan statusnya sebagai warisan dunia, daya saing perekonomian Kota Sawahlunto dapat meningkat hingga membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya. Hal ini karena Sawahlunto akan menjadi daya tarik bagi potensi investasi, yang akan mendorong inovasi dan kreativitas ekonomi, baik dari sektor barang maupun jasa.

"Warisan dunia akan mampu mendorong kemajuan ekonomi melalui akses, infrastruktur, dan fasilitas yang lebih baik sebagai bentuk upaya untuk meningkatkan pengalaman kunjungan yang lebih baik dan menciptakan pariwisata yang berkelanjutan," katanya. (*)


Reporter : Dani /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 23 Mei 2019 - 21:22:00 WIB

    Makam Syekh Tompuah Sakati Talawi Dikonservasi Jadi Wisata Religi

    Makam Syekh Tompuah Sakati Talawi Dikonservasi Jadi Wisata Religi HARIANHALUAN.COM- Makam Ulama Syekh Tompuah Sakati di Dusun Kubang Gajah Desa Talawi Hilie Kecamatan Talawi Kota Sawahlunto akan di Konservasi menjadi kawasan wisata religi. Saat ini Pemerintah Desa Talawi Hilie tengah melaku.
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 00:55:49 WIB

    Masyarakat Kerap Menjadi Korban Dari PLN

    PEKANBARU, HALUAN — Anggota DPR Komisi VII bidang ESDM, Sayed Abubakar, meminta PT PLN untuk serius menangani krisis listrik di Provinsi Riau yang kini kondisinya kembali memburuk..
  • Kamis, 13 Oktober 2016 - 01:30:20 WIB

    SOPD Baru, BLH Naik Kelas Jadi Dinas

    BENGKALIS, HALUAN — Sesuai de­ngan Peraturan Daerah (Perda) Ka­bupaten Bengkalis tentang Struktur Or­ga­nisasi Pemerintah Daerah (SO­PD) ta­hun 2016 dan Peraturan Menteri Ling­kungan Hidup Kehutanan Nomor P.74/MENLHK.
  • Senin, 22 Agustus 2016 - 03:45:48 WIB
    BASKO JAMU KELUARGA BESAR IKLA

    Bachtiar: Harus Bangga Jadi Orang Minang

    Bachtiar: Harus Bangga Jadi Orang Minang PEKANBARU, HALUAN — Tokoh nasional asal Minang, H Bachtiar Chamsyah, mengata­kan se­bagai orang Minang kita ja­ngan malu, tapi kita harus bang­ga. Sebab, sejarah telah mem­buktikan bahwa banyak pahla­wan dan tokoh in.
  • Sabtu, 06 Agustus 2016 - 04:03:08 WIB

    Rawan Korupsi, Riau Jadi Daerah Binaan KPK

    PEKANBARU, HALUAN — Provinsi Riau dinyatakan sebagai salah satu daerah binaan Komisi Pemberantasan Korupsi tahun 2016, bersama lima provinsi lainnya. Ini membuktikan rendahnya komitmen daerah dalam upaya pencegahan tindak p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM