Gara-gara Kurang Daya, Ribuan Lampu Jalan By Pass di Padang Nyala Bergantian


Selasa, 09 Juli 2019 - 22:01:47 WIB
Gara-gara Kurang Daya, Ribuan Lampu Jalan By Pass di Padang Nyala Bergantian Lampu penerangan jalan umum (PJU) By Pass Padang. dok/haluan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sepanjang 25 km di Jalan Bypass terdapat 631 tiang lampu jalan dengan jumlah bola lampu 1.262. Namun, dari arah Air Pacah ke batas kota, lampu jalan dihidupkan secara bergantian.

Hal tersebut terpaksa dilakukan karena daya lampu jalan (Penerangan jalan umum (PJU)) itu tidak mencukupi. Padahal, PLN beberapa waktu lalu baru saja mengekspos Sumbar surplus listrik.

Nyala bergantian lampu jalan ini karena kurang daya atau kurang dana ya?

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Padang Yenni Yuliza pada Haluan, Selasa (9/7) mengakui, hal tersebut dilakukan karena daya di sepanjang jalan tersebut tidak mencukupi. Sehingga, di sebagian ruas harus dicarikan solusi tersebut.

"Itu adalah cara yang dilakukan dalam jangka pendek. Dari arah Air Pacah ke batas kota saat ini tidak ada masalah lampunya. Namun, yang ke arah utara harus dihidupkan secara bergantian sesuai dayanya," ulas Yenni.

Untuk jangka panjang, Yenni menyebutkan akan melakukan penambahan daya sesuai dengan kebutuhannya. Pihaknya akan berkoordinasi dengan PLN terkait hal tersebut.

"Jadi nanti akan kami tambah dayanya supaya sepanjang Bypass tidak ada lampu jalannya yang mati lagi ke arah Utara tersebut," imbuhnya.

Sementara, di Kota Padang, secara keseluruhan terdapat sebanyak 29.610 titik lampu jalan dan 7.000 diantaranya masih swadaya masyarakat. Ke depan, pemerintah kota akan memindahkan ke standar PJU.

"Swadaya itu sebetulnya pemborosan karena hidupnya siang malam selama 24 jam. Jika sudah standar PJU hanya hidup malam hari saja selama 12 jam. Kemudian, disisi lainnya juga standar itu sudah sesuai dengan idealnya seperti penggunaan bola lampu yang sama," tutur Yenni.

Yenni berharap ke depan di Kota Padang semuanya sudah merupakan standar PJU dan mencukupi daya sesuai kebutuhannya. Ia juga meminta supaya masyarakat bisa melaporkan jika ada lampu jalan yang mati atau rusak.

"Kami juga berharap masyarakat bisa melaporkan jika di kawasannya atau fasilitas umum lainnya yang lampunya mati. Supaya bisa cepat ditangani dengan serius," tukasnya. (*)

 

 


Reporter : Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM