Agar Kendaraan Berperforma Pabrikan, Pertamina Sumbar: Gunakan Bahan Bakar Sesuai Kompresi Kendaraan


Rabu, 10 Juli 2019 - 09:56:30 WIB
Agar Kendaraan Berperforma Pabrikan, Pertamina Sumbar: Gunakan Bahan Bakar Sesuai Kompresi Kendaraan Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Pertamina imbau bagi pemilik kendaraan bermotor supaya memilih bahan bakar sesuai dengan spefisikasi mesin kendaraan. Tujuannya agar performa kendaraaan bisa seperti yang dikeluarkan dari pabrik.

Sales Executive Retail Pertamina Sumbar Andi Arifin pada Haluan, Selasa (9/7) di kantornya menuturkan, penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang tidak sesuai dengan anjuran pabrik bisa menurunkan performa kendaraan.

"Mesin kendaraan itu sudah dirancang oleh pabrik yang namanya rasio kompresi. Perbandingan kompresi (r) kendaraan di Indonesia yakni untuk mobil antara 9,0 hingga 16,2, sedangkan untuk motor 7,0 hingga 11,5. Jadi sesuaikanlah perbandingan r nya dengan kendaraan kita," terang Andi.

Ia menjelaskan, kesesuaian perbandingan kompresi yakni untuk kompresi di atas 9,0 menggunakan minimum RON 88 yakni premium. Sementara, kompresi 9,0 hingga 10 menggunakan minimum RON 90 yakni Pertalite dan kompresi 10 sampai 11 minimum RON92 yakni Pertamax dan kompresi lebih dari 12 minimum RON98 yakni Pertamax turbo.

"Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar akibat tekanan yang tinggi. Ketika mesin terbakar lebih awal sebelum busi memercikan api, piston seperti dipukul lebih keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Indikasinya adalah mesin ngelitik atau knocking. Jadi kesimpulannya adalah gunakan BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin kendaraan pabrikan," tutur Andi menjelaskan.

Andi menyebutkan, saat ini masih nanyak kendaraan komersil yang masih menggunkan bahan bakar premium karena ingin murah. Namun, selain menyalahi fungsi peruntukkannya, juga akan berakibat buruk bagi kendaraannya.

"Jadi kita jangan mengejar murahnya dengan mau berlama-lama antri untuk mendapatkan premiun. Silakan cek mesin kendaraan dan gunakanlah bahan bakar yang sesuai," tutur Andi. (h/win)


Reporter : WINDA /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM