Harga Meroket, Cabai Lebih Mahal dari Ayam Potong di Palembang


Rabu, 10 Juli 2019 - 18:07:09 WIB
Harga Meroket, Cabai Lebih Mahal dari Ayam Potong di Palembang Ilustrasi

PALEMBANG, HARIANHALUAN.COM – Luar biasa. Harga cabai di Kota Palembang, Sumatera Selatan, menyentuh Rp90 ribu per kilogram (Kg). Harga ini lebih mahal dari Ayam yang hanya Rp40 ribu per kg.

Harga cabai menanjak Rp7.000 per Kg sejak akhir pekan lalu.

Mastura (52 tahun), warga Jalan Letnan Murod, Palembang, menerangkan harga cabai pada akhir pekan lalu berkisar Rp83 ribu per Kg di Pasar KM 5 Palembang. Namun, hari ini, harganya sudah menyentuh Rp90 ribu per.

Menurut dia, harga cabai tersebut tercatat lebih mahal dari harga daging ayam yang dibanderol Rp40 ribu per Kg.

"Bawang, tadi saya beli Rp30 ribuan. Kalau ke Pasar Induk Jakabaring, harganya lebih murah, beda Rp5 ribu per Kg. Tetapi, jauh mau ke sana, makanya ke pasar yang dekat rumah saja," ujarnya dilansir dari CNNIndonesia.com, Rabu (10/7).

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumatera Selatan Yustianus mengatakan kenaikan harga cabai disebabkan karena sebagian besar daerah penghasil belum memasuki musim panen.


Ia memprediksi harga cabai tidak akan turun dalam waktu dekat. Harga normal cabai Rp30 ribu per Kg. Namun, kenaikannya mencapai tiga kali lipat. Kenaikan harga cabai disebut-sebut sudah terjadi sejak awal Juli.


"Masa panen cabai terdekat adalah Agustus. Kami prediksi kenaikan harga akan terjadi hingga Agustus nanti. Sementara, masyarakat diharap berhemat dalam penggunaan cabai atau mengonsumsi cabai olahan," imbuh dia.


Lebih lanjut ia menyebut pihaknya telah kordinasi dengan Kementerian Perdagangan untuk mencari solusi dalam mengatasi lonjakan harga cabai. Ia mengaku tak menutup kemungkinan akan mengimpor cabai jika kenaikan harga tidak terkendali.

"Kami masih menunggu upaya dari Kementerian Perdagangan. Mungkin kalau terpaksa harus impor, ya impor. Kami tunggu perkembangannya dari Kementerian Perdagangan," jelas dia.

Sementara itu, Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) nasional melansir harga cabai berada di kisaran Rp52.700 - Rp57.400 per Kg untuk berbagai jenis, mulai dari cabai rawit hijau, cabai rawit merah, cabai merah besar, hingga cabai merah keriting.

Harga cabai tertinggi terpantau terjadi di beberapa daerah, seperti Banda Aceh sebesar Rp80 ribu per Kg, Maumere Rp91 ribu per Kg, dan Palembang Rp81.250 per Kg. (*)


 Sumber : cnn /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:58:21 WIB

    Redmi Note 8 Resmi Rilis di Jakarta, Harga Mulai Rp 2 Juta

    Redmi Note 8 Resmi Rilis di Jakarta, Harga Mulai Rp 2 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Redmi merilis dua smartphone terbaru di Jakarta sore ini, Redmi Note 8 dan Note 8 Pro. Kedua smartphone tersebut membawa upgrade yang cukup besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Redmi Note.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 11:44:52 WIB

    Hari Ini Harga Emas Antam Naik

    Hari Ini Harga Emas Antam Naik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Selasa (15/10/2019) berada di angka Rp 756.000 per gram..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 13:04:55 WIB

    Harga Meroket, Petani di Solok Bergairah Tanam Cabai

    Harga Meroket, Petani di Solok Bergairah Tanam Cabai SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Terinspirasi dengan mahalnya harga cabai beberapa bulan lalu, para petani di Kota Solok dan sekitarnya berlomba-lomba menanam cabai..
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 21:24:12 WIB

    Penghargaan Paritrana Diluncurkan, Sumbar Diharapkan Jadi Pemenang

    Penghargaan Paritrana Diluncurkan, Sumbar Diharapkan Jadi Pemenang PADANG,HARIANHALUAN.COM - Pemerintah kembali meluncurkan penghargaan bagi Perusahaan dan Pemerintah Daerah yang memiliki kepedulian (awerenes) tinggi dan citra positif terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui p.
  • Senin, 07 Oktober 2019 - 13:45:59 WIB

    Walikota Padang Raih Penghargaan Natamukti 2019

    Walikota Padang Raih Penghargaan Natamukti 2019 Semakin strategisnya peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan penyerapan lapangan kerja, perlu dilakukan pengembangan dan peningkatan kelas UMKM..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM