Usai Peringati HUT Bhayangkara, Kapolres Solsel Kunjungi Suku Anak Dalam


Kamis, 11 Juli 2019 - 00:15:13 WIB
Usai Peringati HUT Bhayangkara, Kapolres Solsel Kunjungi Suku Anak Dalam Suku Anak Dalam bersama Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto dan jajaran di Kecamatan Sangir Jujuan, Solsel, Rabu (10/7). IST

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Hidup di alam liar dengan gaya hidup primitif salah satu cara tradisional nan masih dipertahankan Suku Anak Dalam. Keberadaan suku terasing ini, masih bisa dijumpai di Solok Selatan (Solsel), terutama di Nagari Talunan..Kecamatan Sangir Balai Janggo

"Primitif bukan berarti punya pemikiran terbelakang. Suku Anak Dalam justru lebih menjaga alam dan lingkungan. Mereka menyatu dengan alam," sebut Kapolres Solsel AKBP Imam Yulisdianto saat berkesempatan berinteraksi dengan Suku Anak Dalam di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solsel, Rabu (10/7).

Ia mengaku pertama kali bertemu Suku Anak Dalam. Selama ini, imbuhnya hanya mendengar cerita, tapi sekarang bisa melihat langsung. "Sempat tadi berinteraksi dengan kepala sukunya yang bisa berkomunikasi. Mereka awalnya canggung, namun setelah dilakukan pendekatan akhirnya mau berinteraksi dengan kami. Mereka juga manusia yang patut dilayani," katanya.

Ada kebahagiaan, imbuhnya dengan bisa berinteraksi bersama Anak Dalam. " Ini salah satu kekayaan budaya Indonesia yang harus dirawat dan harus dijaga," katanya.

Imam mengaku salut dengan gaya hidup Suku Anak Dalam. Tinggal dibawah pohon dengan atap plastik, berlantaikan tanah dan mengenakan pakaian seadanya. Menyatu dengan alam, dinginnya malam seakan tidak dirasakan.

Kunjungan ke Suku Anak Dalam merupakan serangkaian kegiatan syukuran HUT Bhayangkara ke-73. Setelah melakukan upacara di tugu PDRI Nagari Bidar Alam bersama PJU Polres Solsel, Bhayangkari, TNI serta para Raja dan Ninik mamak, Bundo Kandung dan seluruh unsur Forkompinda serta Wali Nagari se-Solsel. (*)


Reporter : Jefli /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Mei 2019 - 19:23:59 WIB

    Usai Resmikan Masjid Cahaya, PLN Peduli Bantu Islamic Center Siberut dan Pesantren Hidayatullah

    Usai Resmikan Masjid Cahaya, PLN Peduli Bantu Islamic Center Siberut dan Pesantren Hidayatullah MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM – Masjid Cahaya Siberut yang dibangun dari dana zakat pegawai PT PLN Persero resmi dioperasional, Selasa (14/05/19). Peresmian dilakukan oleg Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN Persero, Wilu.
  • Rabu, 17 April 2019 - 16:26:04 WIB

    Usai Mencoblos Warga Ikuti Lomba Selfie

    Usai Mencoblos Warga Ikuti Lomba Selfie SAWAHLUNTO, HALUAN - Pemandangan menarik terlihat hampir di semua Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Sawahlunto. Banyak pemilih usai melakukan pencoblosan unjuk diri dengan swafoto atau selfie. Hal tersebut bukan tidak ber.
  • Selasa, 09 Oktober 2018 - 16:56:47 WIB

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode

    Usai Dilantik, Wali Kota Padang Panjang dan Pariaman Dukung Jokowi Dua Periode PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali kota-Wakil Wali Kota Pariaman dan Padang Panjang masa jabatan 2018-2023 resmi dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Aula kantor Gubernur Sumatera Barat, Selasa, (9/10)..
  • Rabu, 26 September 2018 - 13:01:22 WIB

    SKCK Dibutuhkan Usai Seleksi Kompetensi

    SKCK Dibutuhkan Usai Seleksi Kompetensi PADANG, HARIANHALUAN.COM – Beberapa hari menjelang pengumuman pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada 19 September, masyarakat sibuk mendatangi kantor kepolisian untuk meminta Surat Keterangan Catatan Kepolisian .
  • Ahad, 22 Juli 2018 - 10:28:29 WIB

    Perhelatan Usai, Matur Lanjutkan Pembangunan

    Perhelatan Usai, Matur Lanjutkan Pembangunan MATUR, HARIANHALUAN.COM-Kendati menguras pikiran, tenaga dan dana, perhelatan demi perhelatan level kabupaten hingga mancanegara,  diselenggarakan di Kecamatan Matur, Agam,  telah dilalui dengan sukses. Selanjutnya Kecamata.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM