Wako Bukittinggi Hantarkan KUA-PPAS dan KUPA-PPAS ke DPRD


Kamis, 11 Juli 2019 - 17:57:41 WIB
Wako Bukittinggi Hantarkan KUA-PPAS dan KUPA-PPAS ke DPRD RANCANGAN KUA-PPAS -- Wali Kota Ramlan Nurmatias, menyerahkan hantaran rancangan KUA-PPAS 2020 dan KUPA -PPAS 2019 kepada Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial. Gatot

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Pemko Bukittinggi serahkan hantaran rancangan Kebijakan Umum Anggaran- Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kota Bukittinggi tahun anggaran 2020, dan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUPA -PPAS) Perubahan APBD tahun anggaran 2019 ke DPRD Bukittinggi.

Kegiatan penyerahan dilakukan langsung oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, dan diterima oleh Ketua DPRD Bukittinggi Beny Yusrial dalam rapat paripurna DPRD Bukittinggi, dengan agenda persetujuan bersama ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Bukittinggi tahun anggaran 2018, serta hantaran rancangan KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2020, dan KUPA –PPAS Perubahan APBD tahun anggaran 2019, yang berlangsung di gedung dewan setempat, Selasa (9/7)

Dalam kesempatan itu Walikota Ramlan Nurmatias menyampaikan, penyusunan KUA-PPAS 2020 merupakan suatu dokumen perencanaan sistem anggaran yang penyusunannya mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020. Di samping itu sekaligus merupakan tahap awal proses penyusunan APBD Bukittinggi tahun anggaran 2020.

Hantaran KUA-PPAS ke DPRD ini dalam rangka efektivitas proses pembahasannya. Hal ini sesuai dengan Permendagri No.33 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyusunan APBD 2020. KUA-PPAS 2020 disusun dengan berpedoman kepada RKPD. Di mana dalam RPKD tersebut, Pemko Bukittinggi mengusung tema peningkatan sumber daya manusia melalui pembangunan infrastruktur untuk pertumbuhan yang berkualitas.

“Kebijakan pembangunan tahun 2020 mendatang, diarahkan untuk mendukung tercapainya lima prioritas pembangunan nasional. Karena keberhasilan pembangunan nasional, tergantung pada sinkronisasi kebijakan pemerintah kabupaten kota, provinsi hingga pemerintah pusat,” ujar Ramlan.

Menurutnya, dalam KUA-PPAS 2020 terdapat beberapa poin penting sebagai acuan untuk menyusun APBD 2020 mendatang. Diantaranya, pendapatan daerah ditargetkan sebesar Rp 669 milyar lebih. Kemudiuan PAD dari retribusi daerah akan bertambah secara signifikan sebesar Rp 30 milyar lebih. Pendapatan daerah itu terdiri dari PAD sebesar Rp 147 milyar lebih. pendapatan dana perimbangan sebesar Rp 472 milyar lebih. Kemudian pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 48 milyar lebih.

Terkait KUPA-PPAS 2019 kata Ramlan, terdapat beberapa faktor terjadinya perubahan APBD 2019, seperti perkembangan keadaan yang tidak sesuai dengan asumsi kerangka ekonomi daerah. Faktor lain yang mengakibatkan pergesaran kegiatan antar perangkat daerah.

Kemudian adanya kegiatan baru yang harus ditampung dalam perubahan RKPD 2019. Penyempurnaan sejumlah kegiatan, dan pergeseran anggaran yang telah dilakukan dalam tahun berjalan serta perkembangan jalannya pemerintahan. “Kita berharap anggota dewan dapat melakukan pembahasan terhadap KUA-PPAS dan KUPA PPAS yang dihantarkan ini,” ungkap Ramlan

Sementara itu, Ketua DPRD Beny Yusrial menyampaikan, KUA-PPAS merupakan amanat Undang-Undang yang harus dijalankan oleh pemerintah daerah dalam penyusunan APBD, dan selanjutnya harus disampaikan ke DPRD. Penyusunan KUA-PPAS dan KUPA-PPAS, menjadi salah satu instrumen untuk mensinkronkan antara RPJMD dan rancangan pembangunan tahunan yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Hal ini penting sebagai landasan untuk menjalankan pembangunan di tahun anggaran selanjutnya.

“Hantaran Walikota terhadap KUA-PPAS 2020 dan KUPA-PPAS 2019, akan segera dibahas oleh DPRD Bukittinggi. Pembahasannya nanti akan dilaksanakan oleh Badan Anggaran (Banggar) DPRD bersama TAPD. Kita harapkan pembahasannya dapat berjalan sesuai jadwal, dan sesuai peraturan perundang -undangan yang berlaku,” kata Beny. (h/tot)


Reporter : Gatot /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM