Penyuluh Agama Bukittinggi Dinilai Provinsi


Kamis, 11 Juli 2019 - 17:58:47 WIB

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Dua orang Penyuluh Agama Islam  Kota Bukittinggi, masuk nominasi terbaik pada penilaian Penyuluh Agama Islam (PAI)  Teladan Tingkat Provinsi Sumbar tahun 2019. Dua orang penyuluh itu yakni Rosmiwati dan Khairunnas.

Dengan masuk nominasinya kedua penyuluh tersebut dalam penilaian di tingkat provinsi, maka tim penilai PAI provinsi melakukan verifikasi lapangan dan wawancara dengan warga yang dibina oleh kedua orang penyuluh agama tersebut. Kedatangan tim penilai PAI provinsi disambut oleh Asisten II Setdako Bukittinggi, Ketua TP-PKK, Ketua Dharma Wanita, Kepala Kantor Kemenag,  dan unsure terkait di Aula Balaikota, Kamis (11/7).

Asisten II Setdako Ismail Djohar dalam kesempatan itu mengatakan, Pemko dan masyarakat Bukittinggi mengaku bangga atas keberhasilan dua orang  PAI Bukittinggi yang masuk nominasi penilaian PAI Teladan tingkat Propinsi Sumbar. Menurutnya, yang menjadi penilaian penting dari kinerja kedua penyuluh itu adalah inovasinya dilapangan.

“Memang apa yang mereka kerjakan itu menurutnya  hal yang biasa. Tapi pekerjaan yang mereka lakukan itu  istimewa dan bermanfaat bagi orang lain. Semoga dua orang  penyuluh ini bisa mencapai hasil terbaik dan menjadi terbaik di provinsi, sekaligus mewakili Provinsi Sumbar ketingkat nasional,” ujar Ismail.

Harapan yang sama juga disampaikan Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi Yesi Ramlan Nurmatias. Ia berharap kedua penyuluh tersebut bisa mewakili Sumbar di tingkat nasional. Menurutnya, upaya yang dilakukan PAI di tengah tengah masyarakat sangat luar biasa,  karena mereka membimbing masyarakat dunia akhirat.

 “Apa yang  dilakukan penyuluh saat ini, inilah yang kita butuhkan sekarang. Saat ini TP-PKK Bukittinggi juga telah melakukan MoU dengan Kemenag tentang nasehat perkawinan serta tentang lansia mengaji. MoU ini sudah dilaksanakan sejak 2016 lalu,” kata Yesi.

Kepala Kantor Kemenag  Bukittinggi Abrar Munanda mengatakan, penyuluh agama di Kota Bukittinggi sudah meninggalkan hal klasik. Biasanya hanya berupa penyuluhan di TPQ, TPA dan sejenisnya. Namun sejak 2012 lalu, penyuluhan yang dilakukan sudah berkembang, seperti penyuluhan di Lembaga Pemasyarakatan dan  penyuluhan kepada pedagang pasar. “Bulan ini juga direncanakan untuk para penyandang tuna netra,” ujarnya.

Ketua tim penilai Penyuluh Agama Islam Teladan Tingkat Provinsi Sumbar Maswar mengatakan, kehadiran rombongan tim penilai ke Bukittinggi dalam rangka penilaian lapangan ke objek binaan. Tim ingin melihat bagaimana keadaan sebenarnya di lapangan, karena hal tersebut akan menentukan nilai dari penyuluh yang masuk nominsi.

Adapun daerah yang masuk nominasi penilaian untuk kategori penyuluh PNS fungsional yaitu Sijunjung, Padang, Bukittinggi, Agam, Padang Panjang dan 50 kota. Sementara untuk kategori penyuluh  Non PNS yaitu Bukittinggi, Agam, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Pasaman dan Tanah Datar.

“Setelah dilakukan verifikasi lapangan, maka akan didapat hasilnya siapa yang bakal mewakili Sumbar ke tingkat Nasional. Dijadwalkan hasil penilaiannya  pada minggu kedua Agustus mendatang,” ungkap Maswar. (h/tot)


Reporter : Gatot /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 15 Mei 2019 - 15:41:08 WIB

    Penyuluh Teladan Kabupaten Solok Melaju ke Sumbar

    Penyuluh Teladan Kabupaten Solok Melaju ke Sumbar AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Pimpinan Pondok Alquran Al Kautsar Tanjung Balik Nofriman, S.Ag terpilih untuk mewakili Kabupaten Solok pada Lomba Penyuluh Agama Islam Teladan Fungsional dan Non PNS Tingkat Sumatera Barat Tahun.
  • Selasa, 23 Oktober 2018 - 10:55:48 WIB

    Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Bahasa di Haluan

    Balai Bahasa Sumbar Gelar Penyuluhan Bahasa di Haluan PADANG, HARIANHALUAN.COM—Balai Bahasa Sumatra Barat (Sumbar) mengadakan penyuluhan bahasa Indonesia kepada wartawan Haluan di kantor media tersebut, Kompleks Lanud, Tabing, Padang Senin (22/10). Balai Bahasa Sumbar menggela.
  • Senin, 13 Agustus 2018 - 19:48:02 WIB

    Mahasiswa KKN-PPM Unand Beri Penyuluhan di Nagari Andaleh

    Mahasiswa KKN-PPM Unand Beri Penyuluhan di Nagari Andaleh TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM- Setelah melesaikan pengabdian masyarakat selama empat puluh hari di Nagari Andaleh, mahasiswa KKN – PPM Hibah Dikti Universitas Andalas memberikan persembahan terakhirnya dengan memberikan pen.
  • Sabtu, 25 November 2017 - 04:15:47 WIB

    Petani dan Penyuluh Belajar Pemanfaatan Limbah

    Petani dan Penyuluh Belajar Pemanfaatan Limbah SAWAHLUNTO, HALUAN - Setiap petani dan penyuluh pertanian harus senantiasa meningkatkan kompetensi, sehingga mampu mengimbangi perkembangan zaman dan teknologi untuk terus berinovasi menambah produksi hasil pertanian yang dig.
  • Jumat, 31 Maret 2017 - 20:21:36 WIB

    80 Orang Guru di Tanah Datar Dapat Penyuluhan Bahasa Indonesia

    80 Orang Guru di Tanah Datar Dapat Penyuluhan Bahasa Indonesia TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM – Sebanyak 80 orang guru Sekolah Dasar (SD) se-Kabupaten Tanah datar mendapat penyuluhan Bahasa Indonesia dari Balai Bahasa Sumatra Barat..

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM