Deri Asta Lepas Keberangkatan CJH Sawahlunto


Jumat, 12 Juli 2019 - 15:30:14 WIB
Deri Asta Lepas Keberangkatan CJH Sawahlunto Pelepasan CJH Sawahlunto secara resmi oleh Wali Kota, di Masjid Agung Nurul Islam, Jumat (12/7). RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 68 Calon Jemaah Haji (CJH) reguler dan 8 JCH plus Kota Sawahlunto secara resmi dilepas keberangkatannya oleh Wali Kota Sawahlunto,di Masjid Agung Nurul Islam, Jumat (12/7). JCH tersebut akan bertolak ke Asrama Haji Padang pada Sabtu (13/7) dan terbang ke Tanah Suci, Minggu (14/7) tergabung bersama jemaah asal kota Padang dan Bukittinggi tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 9 gelombang pertama.

Dalam sambutannya, Wako Deri Asta mengucapkan selamat menunaikan ibadah haji dan menjadi haji mabrur. Wako kembali mengingatkan pentingnya niat dan ilmu dalam melaksanakan setiap rangkaian ibadah haji.

"Di Tanah Suci, apa yang menjadi niat akan langsung diperlihatkan oleh Allah SWT. Semua amalan tentu ada ilmunya yang harus kita tahu, sehingga mampu menjadi Haji Mabrur," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota juga mengimbau dan mengajak muslim lainnya yang belum mendaftar haji agar segera mendaftar mengingat, daftar tunggu haji reguler yang hingga 18 tahun.

"Jika mendaftar sekarang dioerkirakan berangkat pada 2037. tidak tertutup kemungkinan pula, masa tunggu haji akan bertambah, seperti di Malaysia yang daftar tunggunya hingga 50 tahun," ujarnya.

 

Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Sawahlunto, Idris Nazar menambahkan, jumlah JCH reguler sebanyak 68 orang, 11 dari Kecamatan Talawi, 14 dari Kecamatan Silungkang, 31 asal Kecamatan Barangin dan 12 jemaah asal Lembah Segar. Sedangkan haji plus sebanyak 8 orang.

"Calon haji tertua 88 tahun atas nama Ratna Suarti Lillah dan termuda Suci Cintya Dewi 28 tahun, keduanya dari Kecamatan Silungkang," katanya.

Idris juga mengatakan, selain meluruskan niat JCH harus senantiasa mempersiapkan kondisi fisik atau kesehatan, karena ibadah haji 70 persennya merupakan ibadah fisik.

"Terlebih cuaca di Tanah Suci yang sangat panas saat ini, sangat dibutuhkan kondisi fisik yang baik, sehingga seluruh rangkaian ibadah haji dapat dikerjakan dengan sepenuhnya," ujarnya. (h/rki)

 

loading...
Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]