Muhammad Rahmad Dorong Menhir Limapuluh Kota Jadi Warisan Dunia


Sabtu, 13 Juli 2019 - 11:32:34 WIB
Muhammad Rahmad Dorong Menhir Limapuluh Kota Jadi Warisan Dunia Muhammad Rahmad

LIMAPULUHKOTA, HARIANHALUAN.COM - Menhir sebagai peninggalan arkeologi megalitikum didorong menjadi warisan dunia. Diskusi tentang hal itu menjadi hangat di Group WhatsApp Pilkada Limapuluh Kota, setelah Tambang Batu Bara Ombilin ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia.

 

"Saatnya kita mendorong situs Menhir Balubus dan Mahat jadi situs warisan dunia. Ini juga menjadi PR kepala daerah mendatang," ujar Pengusaha asal Guguak, Kabupaten Limapuluh Kota, Muhammad Rahmad, Sabtu (13/7).

 

Menurut mantan penulis naskah pidato Presiden SBY itu, Menhir menjadi warisan dunia sangat beralasan karena menhir lebih mempunyai nilai sejarah dibandingkan batu bara. "Menhir punya ikatan sejarah dengan asal muasalnya manusia dunia pada masa lalu. Menhir menjadi bukti sejarah zaman batu dimana peradaban dimulai dari Blok M (sebutan populer daerah Mudiak Limapuluh Kota-red)," tutur Rahmad.

 

Untuk mewujudkannya, Rahmad memberikan langkah-langkah kongkret. "Undang Geologis yang bermarkas di UK ke Maek. Bupati terbitkan surat undangan. Kemudian minta bantuan Kedutaan Indonesia di London untuk memfasilitasi. European Archeology Association juga diundang untuk meneliti sisi budayanya," ujar Rahmad yang sempat berkarir di KBRI Singapura itu.

 

Rahmad menjelaskan, setelah adanya hasil kajian dari kedua lembaga tersebut, selanjutnya situs Menhir Maek dan Balubus didaftarkan ke UNESCO. "Kalau sudah jadi warisan dunia, insya Allah akan berdampak kepada penghasilan warga sekitar. Pariwisata akan hidup, lapangan kerja bertambah, dan ekonomi akan meningkat," ucapnya.

 

Untuk mewujudkannya, Rahmad menilai hal tersebut bukanlah sesuatu yang sulit. "Kalau daerah kompak, tak ada yang sulit. Semua insya Allah mudah. Yang penting tahu caranya. Tali tigo sapilin duduk bersama dengan tokoh-tokoh setempat. Insya Allah bisa," ujarnya.

 

Ide dan pemikiran Rahmad ini mendapatkan respon positif dari sejumlah anggota group. Bahkan ada yang mendorongnya agar maju di Pilkada Limapuluh Kota mendatang. Salah satunya oleh Tokoh Muda Luak Limopuluah, Desra. "Kabupaten Limapuluh Kota butuh pemimpin yang visioner, cerdas, progresif, dan berani seperti bapak Muhammad Rahmad ini," ujarnya.

 

Menurut Desra, Rahmad merupakan sosok putra daerah yang memiliki jaringan yang kuat di tingkat pusat. Hal itu menjadi modal politik Rahmad untuk memajukan Limapuluh Kota nantinya. "Selain itu beliau punya pemikiran untuk kemajuan ekonomi, berangkat dari kesuksesannya dalam mengelola usaha," tuturnya.

 

Sebagaimana diketahui, Muhammad Rahmad merupakan CEO Rama Group yang bergerak di bidang distributor alat-alat Industri, real estate, lembaga pendidikan, percetakan, dan perdagangan umum. Pria kelahiran Payakumbuh, 5 Januari 1973 itu meraih gelar S2 Universitas Wollongong Australia, dan gelar S3 di Universitas Malaya dan Universitas Sahid, Jakarta. 

 

Dia pernah ditugaskan dalam berbagai Task Force ASEAN, APEC, WTO dan ditunjuk sebagai delegasi Indonesia untuk sidang-sidang ASEAN, APEC dan WTO. Karirnya lebih banyak dihabiskan sebagai 'orang dibelakang layar' sebagai penulis naskah pidato Dubes HBL Mantiri, Dubes Luhut Pandjaitan, Johan Syahferi (almarhum), Dubes Slamet Hidayat dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Presiden RI ke 6.

 

Bersama rekan bisnis dan profesional di Singapura, Rahmad mendirikan Konsultan Bisnis dan Multimedia yang kemudian aktif memberikan masukan-masukan dalam pengembangan bisnis dan usaha di antaranya pengembangan bisnis MediaCorp, dan juga mendirikan Global Konigin Offshore sebagai perusahaan trading dan agen penjualan kapal Tug Boat, Barge, Anchor Handling, Logistic Supply Vessel.

 

Setelah 13 tahun berkiprah di luar negeri; Singapura, Malaysia, Australia, Thailand, China, ia bersama keluarga memutuskan kembali ke Indonesia dan menjajaki pembukaan bisnis kapal dan multimedia. Pada 2010 hingga 2015, Partai Demokrat menunjuknya sebagai Wakil Direktur Eksekutif DPP Partai Demokrat. Namun 2012 dia mengundurkan diri dari jabatannya dan kembali aktif di dunia usaha sampai sekarang. (h/mg-ari)

 

Reporter : Arie Alfikri /  Editor : HSP

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]