Sidang MK, Tim Hukum PAN Sumbar Ajukan Keberatan


Sabtu, 13 Juli 2019 - 21:38:41 WIB
Sidang MK, Tim Hukum PAN Sumbar Ajukan Keberatan Tim Hukum PAN Sumbar.Ist

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Sidang Mahkamah Konstitusi terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), antara PDIP dan KPU serta PAN sebagai Pihak Terkait untuk daerah pemilihan Sumbar dimulai. Sidang perdana yang terdaftar dalam perkara nomor 73-03-03/PHPU.DPR-DPRD/XVII/2019 itu dihadiri oleh masing-masing pihak yakni Pemohon dari DPP PDIP dan Termohon KPU Pusat serta Banwaslu dan DPP PAN sebagai Pihak Terkait yang digelar diruangan sidang Panel 3 Gedung MK, Kamis (11/07).

Perkara PHPU Dapil Sumbar 1 ini dipimpin oleh hakim I Gede Dewa Palguna dengan anggota Suhartoyo dan Wahiduddin Adams, dengan agenda sidang pendahuluan pembacaan permohonan dari PDIP yang disampaikan kuasa hukumnya Alvon Kurnia Palma dan Tanda Perdamaian Nasution. Sedangkan dari pihak Termohon KPU hadir kuasa hukumnya Imam Munandar. Sementara pihak Banwaslu diwakili oleh Komisioner Banwaslu Pusat Rahmat Bagja didampingi Nurhayetti dan Alni dari Banwaslu Sumbar. Pihak Terkait dari DPP PAN diwakili kuasanya Miko Kamal, Adi Suhendra Ritonga dan Muhammad Taufik dari kantor hukum Miko Kamal Associates.

Pada sidang perdana itu, kuasa pemohon, Tanda Perdamaian Nasutian mengajukan beberapa perubahan dalam permohonan terdahulu. Namun karena waktu perubahan bagi pemohon sudah lewat waktu, maka pada saat kuasa Pemohon membacakan perubahan permohonan langsung kuasa KPU Imam Munandar dan kuasa Pihak Terkait Miko Kamal menyampaikan keberatan atas perubahan permohonan karena sudah menyangkut isi pokok perkara dan waktu perubahan sudah berakhir 31 Mei lalu.

“Yang mulia kami atas nama kuasa hukum pihak terkait DPP PAN menyampaikan keberatan atas perubahan permohonan yang disampaikan kuasa Pemohon. Karena perubahan yang disampaikan sudah berubah dari pokok perkara yang diajukan terdahulu. Sesuai hukum acara MK batas perubahan sudah lewat yaitu 31 Mei 2019. Jadi kami sangat keberatan kalau perubahan ini disampaikan saat ini” ujar Miko Kamal, dimana keberatan yang sama disampaikan juga oleh kuasa hukum KPU Imam Munandar.


Menanggapi keberatan Miko Kamal dan Imam Munandar, Ketua Majelis I Gede Dewa Palguna berpendapat agar keberatan disampaikan pada saat menjawab atau memberikan keterangan pada waktu termohon atau pihak terkait menyampaikan keterangan pada sidang nanti. “Sementara cukup dulu, nanti semua keberatan yang disampaikan termohon dan pihak terkait disampaikan pada waktu sidang nanti dalam penyampaian jawaban atau keterangan dari termohon maupun pihak terkait” ujar I Gede Dewa Palguna.

Setelah mendengarkan point dari permohonan pemohon perkara PHPU Dapil Sumbar 1 tersebut, majelis hakim menyampaikan penundaan persidangan selanjutnya pada hari Rabu (17/07) dengan agenda mendengarkan jawaban atau keberatan dari termohon maupun pihak terkait. Sebelum menutup sidang, ketua majelis hakim menyampaikan kepada pihak termohon atau pihak terkait untuk perbaikan jawaban atau keterangan kalau diperlukan sampai Senin (15/07). (rel)


 Sumber : RL /  Editor : PADANG,HARIANHALUAN.COM- Sidang Mahkamah Konstitusi terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), antara PDIP dan KPU serta PAN sebagai Pihak Terkait untuk daerah pemilihan Sumbar dimulai. Sidang perdana yang terdaftar dalam perkara nomor 73-03-03/PHP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 11:40:55 WIB

    Kawal Sidang Putusan MK Siang Ini, Aksi Massa Berkumpul di Jalan Medan Merdeka

    Kawal Sidang Putusan MK Siang Ini, Aksi Massa Berkumpul di Jalan Medan Merdeka JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Massa yang akan menggelar aksi mengawal sidang putusan gugatan Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) mulai berdatangan di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat siang ini, Kamis (27/.
  • Kamis, 27 Juni 2019 - 11:22:40 WIB

    Jelang Sidang Putusan di MK, Komisoner KPU Jalani Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik

    Jelang Sidang Putusan di MK, Komisoner KPU Jalani Sidang Dugaan Pelanggaran Kode Etik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM— Menjelang sidang putusan gugatan Pilpres di Mahkamah Konstitusi (MK) siang ini, Kamis (27/6), para Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menghadapi sidang dugaan pelanggaran etika di Kantor .
  • Kamis, 20 Juni 2019 - 13:42:56 WIB

    KPU Putuskan Tak Hadirkan Saksi di Sidang MK

    KPU Putuskan Tak Hadirkan Saksi di Sidang MK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sidang lanjutan sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi kembali digelar, Kamis (20/6). Sidang hari ini beragendakan mendengar keterangan saksi dari pihak termohon, dalam hal ini Komisi Pemilihan.
  • Selasa, 18 Juni 2019 - 12:24:17 WIB

    Ada Sidang MK, 'Avengers' Berkumpul Serukan Perdamaian

    Ada Sidang MK, 'Avengers' Berkumpul Serukan Perdamaian JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Sejumlah tokoh superhero dari Avengers plus Gatotkaca nampak menyambangi Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6) pukul 10.20 WIB..
  • Jumat, 14 Juni 2019 - 12:12:10 WIB

    Sidang Sengketa Pilpres, Prabowo-Sandi Klaim Menang 52%

    Sidang Sengketa Pilpres, Prabowo-Sandi Klaim Menang 52% JAKARTA , HARIANHALUAN.COM - Ketua tim hukum Prabowo Subianto Sandiaga Uno, Bambang Widjojanto membacakan berkas pokok permohonan dalam sidang perdana sengketa Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019, hari ini. .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM