Warga Panik Berlarian, Gempa Bermagnitudo 7,2 Guncang Maluku Utara


Ahad, 14 Juli 2019 - 20:19:26 WIB
Warga Panik Berlarian, Gempa Bermagnitudo 7,2 Guncang Maluku Utara Warga Halmahera mengungsi ke kantor Bupati setelah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,2 pada Minggu (14/7) sore. dok/dtk.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Warga Maluku Utara kembali panik setelah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,2. Meski tak berpotensi tsunami, namun warga tetap berlarian mengungsi ke tempat yang aman.

Informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi pada Minggu (14/7/2019) pukul 17.04 WIB. Gempa terjadi di 62 km timur laut ibu kota Maluku Utara, Labuha. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km.

Mantan Kepala Staf Badan Penanggulangan Bencana Halmahera Selatan Iksan Subur mengatakan sejumlah gempa terjadi selama kurun waktu 30 menit.

Guncanganya cukup besar terasa sehingga membuat warga keluar rumah. Listrik juga sempat padam beberapa saat setelah gempa pertama.

"Rumah warga kosong, mereka memilih ada di halaman rumah," kata Iksan dilansir dari CNNIndonesia.com, Minggu (14/7).

Warga yang tinggal di kawasan pesisir bahkan memilih membawa pakaian seadanya untuk mengungsi di dataran yang lebih tinggi. Mereka memilih mengungsi karena ada isu tsunami sehingga warga panik.

Hal ini membuat lalu lintas di jalan padat. Warga menurut Iksan memilih tetap berada di dataran yang dinilai tinggi meski sudah disampaikan gempa tak berpotensi tsunami.

Sejauh ini menurut Iksan, belum ada laporan ada kerusakan ataupun korban akibat gempa. (*)


 Sumber : cnn /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM