DPRD dan Bupati Sepakati KUA PPAS 2020


Senin, 15 Juli 2019 - 15:32:31 WIB
DPRD dan Bupati Sepakati KUA PPAS 2020 PENANDATANGAN kesepakatan oleh bupati dan DPRD Dharmasraya. IST

DHARMASRAYA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya adakan rapat pleno penetapan kebijakan umum anggaran (KUA) dan penetapan pagu anggaran sementara (PPAS) 2020. Rapat pleno di pusatkan di kantor DPRD Dharmasraya itu dihadiri Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Ketua DPRD H. Masrul Maas, Wakil Ketua Budi Sanjoyo dan Ampera Dt. Labuan Basa, para pimpnan perangkat daerah serta segenap anggota dewan.

 

Baca Juga : Pantauan Perkembangan Virus Corona di Sumbar: Positif 204, Sembuh 99, dan Meninggal Dunia 3 Orang

Menghasilkan kesepakatan penetapan PPAS sebesar Rp 706.713.572.262. Dana tersebut merupakan belanja langsung sebesar Rp 253.521.635.357 dan belanja tidak langsung sebesar Rp 453.191.936.905. Belanja tidak langsung tersebut menurut Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan adalah untuk membiayai pembangunan Kabupaten Dharmasraya seperi pemberian insentif pada THL, Tenaga Pendidik dan tenaga Kesehatan, lanjutan pembangunan Islamic Center, sarana dan prasarana pelayanan kesehatan dan pendidikan, pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan petani dan pelaku UMKM.

 

Baca Juga : Pasca Oknum Pegawai Lapas Terlibat Narkoba, Kalapas Bukittinggi Gelar Razia dan Bentuk Tim Khusus

Sementara, menurut peraih satyalencana pembangunan itu, belanja langsung diarahkan untuk membiayai belanja pegawai termasuk pegawai baru yang akan diseleksi pada tahun ini, belanja BPJS, JKK dan JKM bagi warga kurang mampu, bantuan dana alokasi umum nagari, belanja bantuan sosial, belanja hibah kepada ormas, Pokmas, dan juga nagari dan Parpol. "Insyaallah kita kedepankan azas pemerataannya," ungkap Bupati.

 

Baca Juga : Aksi Pencurian Kotak Amal di Dharmasraya Ini Terekam CCTV

Dengan telah ditetapkannya KUA PPAS oleh DPRD dan bupati, maka jajaran eksekutif akan menyusun anggaran berdasarkan point yang sudah tertuang dalam KUA. Bupati menginstruksikan, agar penyusunan rencana kerja anggaran (RKA) segera bisa dilakukan, sehingga APBD 2020 segera bisa ajukan ke DPRD. Diprediksi, pembahanan RAPBD 2020 akan melibatkan Bupati sekarang dan DPRD Baru. (h/bdr)

Reporter : Badri | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]