Pembangunan Jalan Palembayan Jadi Prioritas


Senin, 15 Juli 2019 - 16:04:59 WIB
Pembangunan Jalan Palembayan Jadi Prioritas TERUS DIKERJAKAN - Proses pembangunan jalan Palembayan sedang berlangsung. KASRA

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Pelan tapi pasti, sejak empat tahun belakangan, pembangunan jalan di Kecamatan Palembayan terus berlanjut. Untuk kabupaten Agam, pembangunan jalan ini menjadi prioritas oleh Dinas PUPR Sumbar.

Menurut keterangan Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Provinsi Sumbar, Fathol Bari dikutip dari Media Iondonesia, diprioritaskanya jalur tersebut karena merupakan akses terdekat masyarakat ke Kota Bukittinggi maupun menuju Kabupaten Agam dan Pasaman Barat atau sebaliknya.

Untuk tahun ini pembangunan jalan itu dianggarkan Rp22 miliar lebih yang digunakan untuk pengaspalan, pelebaran dan pendaman pinggir jalan yang rawan longsor.

Proses pengerjaan kini sedang berlangsung di sejumlah titik dalam kecamatan ini, bahkan ruas jalan rusak parah di nagari III Koto Silungkang yang selama ini belum tersentuh telah mulai dikerjakan, begitupun jalan dari Palembayan menuju Simpang Patai Palupuah.

Menurut Camat Palembayan, Ridwan Nusa, percepatan pembangunan jalan Palembayan itu disambut gembira masyarakat karena akan memperlancar hubungan masyarakat ke berbagai daerah.

Sementara itu Ketua Gerakan Pemuda Peduli Kecamatan Palembayan(GPPKP) menyatakan, pada tahun-tahun berikutnya pembangunanya agar terus dilanjutkan, karena dengan anggaran sekarang belum cukup untuk menuntaskan pemulusan jalan sepanjang 52 km lebih itu.

Untuk pelebaran jalan masyarakat telah menyerahkan tanahnya yang terpakai melalui kesepakatan ninik mamak beberapa tahun lalu. (h/ks)

Reporter : Kasra | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]