TdS 2019 Kurang Terekspos


Senin, 15 Juli 2019 - 16:21:57 WIB
TdS 2019 Kurang Terekspos

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Perhelatan balap sepeda tahunan, Tour de Singkarak (TdS) 2019 dinilai masih minim promosi, sehingga kemeriahan jelang iven yang telah memasuki tahun ke-11 itu tidak begitu terlihat. Untuk itu, perlu diadakan iven-iven pembuka dalam rangka mempromosikan iven utama yang bakal digelar pada 2–10 November mendatang.

"Dalam pertandingan tinju, biasanya sebelum masuk partai utama pasti ada pertandingan pembuka. Begitu pula dengan TdS. Seharusnya segera setelah TdS 2018 ditutup, Pemprov Sumbar sudah mulai melakukan promosi untuk TdS 2019. Salah satu caranya ialah dengan menggelar iven-iven pembuka menjelang penyelenggaraan iven utama," kata Ketua Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Sumbar, James Hellyward kepada Haluan, Senin (15/7).

Baca Juga : Jelang Final Piala Menpora 2021, Ketum PSSI Inspeksi Stadion Maguwoharjo

Iven pembuka ini, menurutnya, bisa dalam bentuk apapun. Entah itu dengan menggelar pertandingan balap sepeda tingkat kabupaten/kota atau sekadar kegiatan sepeda santai menyusuri jalur-jalur balapan yang akan digunakan pada TdS 2019 nanti.

"Banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Bisa jadi dengan bersepeda santai mengelilingi Danau Singkarak atau bersepeda santai menyusuri Kelok Sembilan," kata James.

Baca Juga : Sumbar Kirimkan Satu Petembak untuk Berlaga di ISSF World Cup Shotgun Italia

Melalui iven-iven inilah, kedatangan TdS 2019 digembar-gemborkan. Diharapkan, dengan begini antusiasme masyarakat terhadap TdS dapat dibangun sedari awal.

"Gampang saja sih sebenarnya. Pemerintah hanya tinggal memanfaatkan momen saja. Misalnya, ketika ada perayaan ulang tahun suatu instansi, entah dari pemerintahan, perbankan, BUMN, kepolisian, TNI, dan lain sebagainya, pemerintah bisa menggelar kegiatan sepeda santai atau yang sejenis. Saya yakin pasti akan banyak peminatnya," tutur mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumbar itu.

Baca Juga : Bertemu Menpora, PSSI Laporkan Rencana Persiapan Liga 1

Di sinilah kejelian pemerintah provinsi dan kabupaten/kota dituntut. Bahkan kalau perlu, pemerintah bisa melibatkan komunitas-komunitas atau organisasi-organisasi yang peduli dengan dunia persepedaan dan pariwisata Sumbar dalam menggelar dan menyukseskan iven-iven pembuka TdS

"Iven utama TdS masih beberapa bulan lagi. Jadi masih ada waktu untuk menggelar iven-iven pembuka. Kami dari ISSI Sumbar, kalau memang diminta, siap untuk membantu," tutur James. (h/mg-dan)

Baca Juga : Jelang MotoGP Spanyol: Marquez Belum Berani Targetkan Finis Podium, Butuh Waktu Adaptasi

Reporter : Dani | Editor : HSP
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]