Pengamat: Pemprov Kepri Sebaiknya Evaluasi Izin Tambang dan Reklamasi


Selasa, 16 Juli 2019 - 17:09:31 WIB
Pengamat: Pemprov Kepri Sebaiknya Evaluasi Izin Tambang dan Reklamasi ilustrasi,Reklamasi pulau

TANJUNGPINANG, HARIANHALUAN.COM –Pemerintah Provinsi Kepri sebaiknya mengevaluasi seluruh izin yang berhubungan dengan reklamasi laut dan pertambangan. Demikian dikatakan pengamat politik dan pemerintahan, Endri Sanopaka.

“OTT yang dilakukan KPK terhadap gubernur, dua pejabat DKP dan pihak swasta itu menunjukkan bahwa ada yang keliru dalam pemberian izin tersebut sehingga melahirkan gratifikasi,” ujarnya, seperti dilansir dari antarakepri.com, Senin (15/7/2019).

Endri mengingatkan Pemprov Kepri untuk menaati ketentuan yang berlaku dalam memberikan izin reklamasi dan pertambangan. Izin yang diterbitkan tidak boleh “akal-akalan” atau dipaksakan untuk memenuhi keinginan pengusaha, dan menguntungan pribadi maupun kelompok.

Dikatakannya, Plt Gubernur Kepri, Isdianto, memiliki tugas yang berat dalam menghadapi permasalahan di pemerintahan pascapenangkapan Gubernur Kepri nonaktif Nurdin Basirun.

Menurutnya, perizinan pertambangan dan reklamasi yang tidak menguntungkan bagi pemerintah dan masyarakat sebaiknya dicabut.

“Jangan sampai izin yang diberikan justru sebagai pintu masuk merusak lingkungan, merugikan negara dan masyarakat,” ucapnya.

Praktik pemberian izin pertambangan dan reklamasi yang tidak melalui kajian yang matang selama ini menyebabkan kerugian negara dan masyarakat, selain menimbulkan kerusakan lingkungan dan hutan.

Semestinya, pengelolaan sumber daya alam memberi dampak positif kepada negara dan masyarakat, bukan malah sebaliknya.

“Saya pikir saatnya Plt Gubernur Kepri membuat gebrakan dengan mengevaluasi perizinan tambang dan reklamasi,” katanya.

Endri juga menyarankan Isdianto untuk mengevaluasi kinerja stafnya, jangan sampai peristiwa yang sama terulang lagi. Evaluasi dari hasil pengawasan internal dibutuhkan untuk meningkatkan birokrasi pemerintahan dan pelayanan kepada masyarakat.

“Jangan berikan tempat kepada orang-orang yang merusak nama baik pemerintahan,” tegasnya. (*)


 Sumber : haluankepri /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 November 2019 - 14:05:51 WIB

    Jaga Rahasia Anggaran Kemenhan, Pengamat: Prabowo Cerdas

    Jaga Rahasia Anggaran Kemenhan, Pengamat: Prabowo Cerdas JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Pengamat politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengambil langkah cerdas dengan tidak membuka perincian anggaran Kementerian Pertahanan.
  • Selasa, 01 Oktober 2019 - 15:25:53 WIB

    Tanpa Fadli Zon - Fahri Hamzah, Pengamat: Pimpinan DPR Akan Jinak

    Tanpa Fadli Zon - Fahri Hamzah, Pengamat: Pimpinan DPR Akan Jinak JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Dua tokoh yang cukup sering mengkritik pemerintah, Fadli Zon dan Fahri Hamzah hengkang dari kepemimpinan DPR. Fahri tak maju dalam Pemilihan Legislatif 2019. Sementara itu, Ketua Umum Prabowo Subia.
  • Senin, 21 Desember 2015 - 01:49:01 WIB

    Pengamat: Publik Jenuh dengan Pilkada

    SURABAYA, HALUAN — Pengamat politik dari Uni­ver­sitas Airlangga (Unair) Surabaya Krisnugroho MA menilai masyarakat agaknya mulai jenuh dengan pemi­lihan kepala daerah (Pil­kada) sebagaimana terli­hat dalam menurunnya .

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM