Dinilai Tak Efektif, DLH Tidak Tambah Jaring Sampah di Sungai


Selasa, 16 Juli 2019 - 22:57:02 WIB

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan bahwa penggunaan jaring di sungai tidak efektif. Pasalnya, saat hujan lebat atau pasang naik sampah akan menerjang jaring.

"Sebagian besar sekitar 90 persen hasil survei itu sampah yang terjaring tersebut adalah sampah rumah tangga. Semuanya bertumpuk dan bercampur menjadi satu. Jika ada hujan lebat dan airnya besar maka jaring tidak kuat menahan dan lepas. Jadi menurut kami penggunaan jaring tersebut tidak efektif," terang Mairizon pada Haluan, Selasa (16/7).

Ia mengatakan, dengan tidak efektifnya penggunaan jaring tersebut tahun ini tidak ada penambahan jaring. Ke depan DLH akan melakukan langkah lainnya untuk mengganti jaring tersebut.

"Sementara ini langkah yang paling efektif yaitu penguntilan sampah lewat perahu. Saat ini sudah ada dua perahu yang difungsikan untuk menguntil sampah di dua titik," lanjutnya.

Mairizon menjelaakan, dua titik tersebut yaitu di kawasan Bandar Bekali dan Kawasan Batang Arau. Petugas mulai menguntil sampah yang ada di kali dan sungai pada pagi hari.

"Sejak 2018 lalu, di Kawasan Bandar Bekali sudah dilakukan pemungutan sampah menggunakan perahu tersebut. Tahun ini sudah mulai juga di kawasan Batang Arau. Selain dikutil satu per satu, petugas juga menggunakan tangguk besar dan kecil. Hasilnya memang sebagian besar itu sampah maayarakat, bukan sampah dari laut," sebut Mairizon.

Mairizon mengimbau supaya masyarakat bisa membiasakan diri untuk hidup bersih dan mencintai lingkungan. Ia berharap masyarakat bisa memisahkan sampah yang organik dan anorganik.

"Seperti sampag plastik itu diharapkan bisa dipisahs karena itu bisa dijual kembali ke bank sampah dan bernilai ekonomi. Sedangkan sampah lainnya bisa dijadikan kompos. Selain itu, dengan tidak membuang sampah ke kalu artinya juga sudah menjaga dan mencintai lingkungan," katanya. (*)

 

 


Reporter : Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 28 Mei 2019 - 16:01:39 WIB

    Perda Ketahanan Keluarga Dinilai Penting untuk Penguatan Keluarga

    Perda Ketahanan Keluarga Dinilai Penting untuk Penguatan Keluarga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Adanya Peraturan Daerah (Perda) tentang ketahanan keluarga dinilai sangat penting untuk menguatkan fungsi ketahanan keluarga bagi generasi muda. Agar dapat mempercepat proses penjadian Rancangan Pe.
  • Senin, 21 Januari 2019 - 14:50:59 WIB

    Jadi Pahlawan Nasional, Chatib Sulaiman Dinilai Pantas

    Jadi Pahlawan Nasional, Chatib Sulaiman Dinilai Pantas PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Chatib Sulaiman dinilai pantas diusung sebagai pahlawan nasional. Hal itu tidak terlepas dari bagaimana perjuangan Chatib Sulaiman untuk kecintaan akan kemerdekaan Indonesia dalam perjuangan PDRI .
  • Kamis, 03 Agustus 2017 - 17:36:21 WIB

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa

    Tak Anggarkan Beasiswa, Pemko Padang Dinilai Tak Fasilitasi Mahasiswa PADANG, HARIANHALUAN.COM--Baru-baru ini, pulangkampuang.com bersama beberapa lembaga pegiat bisnis pemula (start up) mengadakan beasiswa pemrograman komputer. Di luar dugaan, program tersebut memiliki banyak peminat..
  • Kamis, 13 April 2017 - 09:24:26 WIB

    Pilar-pilar Sosial Kota Padang Dinilai

    PADANG, HALUAN - Pilar-pilar sosial Kota Padang yang berpotensi dan memiliki kemampuan tengah menghadapi penilaian. Yang terbaik akan didapuk sebagai wakil di tingkat provinsi. .
  • Rabu, 14 Desember 2016 - 01:29:24 WIB

    Subsidi Listrik Dinilai Tak Tepat Sasaran

    PADANG, HALUAN — PT PLN Wilayah Sumatera Barat mengadakan seminar ber­sama 14 awak Media yang ada di Sumatera Barat dengan tema Kemitraan PLN dan Jurnalis Menghasilkan Ma­syarakat Cerdas listrik. Semi­nar tersebut untuk .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM