Objek Wisata Batu Malin Kundang Pantai Air Manis akan Direvitalisasi


Selasa, 16 Juli 2019 - 23:03:05 WIB
Objek Wisata Batu Malin Kundang Pantai Air Manis akan Direvitalisasi Objek wisata Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis Padang. dok/net

PADANG, HARIANHALUAN.COM—Proyek revitalisasi Pantai Air Manis direncanakan akan dimulai pada awal Agustus mendatang. Saat ini proses tender sudah selesai dilakukan dan sudah mendapatkan pemenang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang Arfian, proyek revitalisasi berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) melalui Kementrian Pekerjaan Umum dan Peruman rakyat sebesar Rp15 miliar.

"Alhamdulillah, saat ini sudah ada pemenang tender revitalisasi Pantai Air Manis tersebut. InsyaAllah akan mulai dikerjakan awal Agustus nanti," ujarnya, Selasa (16/7).

Ia mengatakan, revitalisasi yang dilakukan berupa membangun pedestrian sepanjang bibir pantai hingga ke objek wisata Batu Malin Kundang. Kemudian pembuatan taman untuk menambah suasana sejuk dan nyaman di kawasan pantai.

"Bulan depan kita mulai pengerjaan. Kemarin itu kami sudah melakukan survei dengan Kementrian PUPR," katanya.

Revitalisasi Pantai Air Manis ini, katanya, ditargetkan selesai pada akhir Desember tahun ini. Selain membangun pedestrian, juga akan dilakukan pelebaran jalan sepanjang 1,4 kilometer, dan kiri kanan jalan ditambah 3,5 meter. Tujuannya agar tidak menyulitkan pengguna kendaraan berwisata di Pantai Air Manis.

"Tentunya revitalisasi yang dilakukan guna membuat wisatawan semakin nyaman dan kita harapkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Panatai Air Manis dapat meningkat," katanya.

Dengan revitalisasi ini, kata Arfian, diharapkan agar pedagang setempat ikut menyukseskan program dari Kementrian PUPR itu. Diharapkan pedagang yang langsung bersinggungan atau tempat nya menjadiblokasi pengerjaan, untuk sementara waktu harus menerima jika dipindahkan ke lokasi di sekitar itu.

Untuk batu Malin Kundang, sambungnya, memabg saat ini banyak masyarakat yang berjualan di lokasi tersebut. Karena itu, pihaknya akan mengkomunikasikan kepada pedagang tersebut untuk tidak berjualan di atas batu malin kundang.

"Tahun depan akan ada pembangunan kios untuk para pedagang dari Pemko Padang, jadi yang biasanya berjualan di atas batu malin kundang bisa menggunakan ini. Aktivitas pedagang akan sedikit terganggu selama pengerjaan revitalisasi, kami harap dapat bersabar hingga pengerjaan selesai," ujarnya. (h/mg-mal)

 


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 13 Juni 2019 - 13:19:50 WIB

    Pemko Padang Diminta Tindak Tegas Penjual Nakal di Lokasi Objek Wisata

    PADANG, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti Kamis (13/6) mengingatkan, adanya laporan dari pengunjung wisata terhadap tarif parkir dan harga makanan yang tidak terkendali pasca libur lebaran di kawasan ob.
  • Sabtu, 13 April 2019 - 11:29:51 WIB

    DPRD Padang  Kritisi, Masih Ada Parkir Liar di Objek Wisata 

    PADANG,HARIANHALUAN.COM- -- Kesiapan Pemerintah Kota (Pemko) Padang dalam mempersiapkan objek wisata yang nyaman bagi pengunjung dinilai Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang belum maksimal..
  • Jumat, 25 Agustus 2017 - 21:56:10 WIB

    Pasar Raya Padang Bakal "Disulap" Jadi Objek Wisata Belanja dan Pasar Malam

    Pasar Raya Padang Bakal PADANG, HARIANHALUAN.COM--Pasar Raya Kota Padang bakal dirombak menjadi kawasan objek wisata belanja. Pemko Padang pun saat ini sedang melakukan pengerjaan pembangunannya..
  • Rabu, 21 Desember 2016 - 00:39:37 WIB
    TINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN

    Fasilitas Objek Wisata Ditingkatkan

    PADANG, HALUAN — Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan pada 2016 ke Padang naik 4 persen dibanding tahun 2015 yang hanya 3,3 juta wisatawan..
  • Kamis, 20 Oktober 2016 - 03:25:49 WIB
    DARI MUSDA IV PHRI SUMBAR

    Butuh Standarisasi Keamanan Objek Wisata

    Butuh Standarisasi  Keamanan Objek Wisata PADANG, HALUAN — Per­himpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumatera Barat melaksanakan Musya­warah Daerah (Musda IV), Rabu (19/10). Musda tersebut me­ngusung spirit agar destinasi wisata Sumbar bisa kompetitif den.

BERITA TERKINI Index »

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM