Rp2,7 M Anggaran Dikucurkan untuk RTLH Pasbar


Rabu, 17 Juli 2019 - 15:53:28 WIB
Rp2,7 M Anggaran Dikucurkan untuk RTLH Pasbar KABID Perumahan di Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Pasaman Barat Asri Hamdi sedang berbincang dengan salah seorang masyarakat. OSNIWATI

PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat tahun 2019 mengucurkan dana untuk Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebesar Rp2,7 miliar. Anggaran tersebut diperuntukkan bagi 156 kepala keluarga atau 156 unit rumah.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Ahdiyarsyah ST MT melalui Sekretaris Zulkarnain dan Kepala Bidang Perumahan Asri Hamdi.

Anggaran tersebut berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Setiap tahunnya anggaran tersebut mengalami perubahan. Memang tahun ini anggaran untuk RTLH tersebut menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

"Sebelumnya kalau tidak salah mencapai 200 unit lebih, sekarang hanya 156 unit dengan anggaran Rp2,7 miliar. Jika dirinci satu unit rumah anggaran sebesar Rp17.500.000 dengan swadaya masyarakat. Artinya kita memberikan bahan bangunan kepada mereka dan mereka yang mencari pekerja teknisnya," papar Asri Hamdi.

Ia menambahkan, sebanyak 156 unit RTLH tersebut tersebar di lima nagari yakni Nagari Ujung Gading sebanyak 37 unit, Nagari Bantahan sebanyak 20 unit, Nagari Kinali sebanyak 26 unit, Nagari Robi Jonggor sebanyak 30 unit, Nagari Aia Gadang sebanyak 23 unit, Nagari Sasak sebanyak 20 unit.

"Jadi totalnya sebanyak 156 unit. Kita berharap bantuan yang kita berikan tersebut bisa menjadi motivasi bagi mereka untuk memiliki rumah yang layak," papar Asri Hamdi.

Selain itu, masyarakat yang mendapatkan RTLH merupakan usulan dari nagari, camat, dan masyarakat.

"Setelah itu, tim akan melakukan verifikasi apakah rumah masyarakat tersebut layak untuk mendapatkan RTLH," pungkas Asri Hamdi. (h/ows)


Reporter : Osniwati /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:16:29 WIB

    Realisasi APBD Sumbar Rp2,7 Triliun

    PADANG, HALUAN — Rea­­lisasi Anggaran Pen­da­patan Belanja Daerah (APBD) Sumbar 2016 secara umum telah mencapai Rp2,7 triliun, meskipun lebih tinggi dari nasional namun realisasi fisik masih di bawah target yang ditetap.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM