10 Desa di Sawahlunto Bakal Pilkades Serentak


Rabu, 17 Juli 2019 - 16:18:16 WIB

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 10 Desa di Sawahlunto akan menggelar pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 17 Oktober 2019. 10 Desa itu, yakni Desa Batu Tanjung, Kumbayau, Kolok Nan Tuo, Santur, Lumindai, Balai Batu Sandaran, Lunto Timur, Lunto Barat, Kubang Tangah dan Silungkang Duo.

 

Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos - PMD PPA) Sawahlunto, Dedi Syahendri mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan pengumpulan data panitia Pilkades tersebut.

"Saat ini proses persiapan tengah berjalan. Setelah rekapitulasi penyelenggara Pilkades selesai, akan dilanjutkan dengan pemberian sosialisasi. Untuk pengumuman bakal calon kepala desa, itu kita jadwalkan pada 23 Agustus 2019," " ujar Dedy di Balaikota, Rabu (17/7).

 

Dedi juga menyebutkan, sempat terjadi kendala terkait ketersediaan kotak suara untuk pelaksanaan Pilkades ini, dikarenakan kotak suara di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sawahlunto yang digunakan untuk Pemilu serentak beberapa bulan lalu belum boleh digunakan untuk Pilkades sekarang. Sedangkan kotak suara pada Pilwako dan Pemilu sebelumnya sudah dilelang oleh pihak KPUD setempat.

"Solusinya, kita akan menggunakan kotak suara dari KPUD Kabupaten Lima Puluh Kota," ujarnya.

 

Terkait Pilkades serentak tersebut, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengajak agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif sehingga Pilkades itu menghasilkan terpilihnya Kepala Desa yang berkualitas sesuai dengan keinginan masyarakat. Deri berharap, partisipasi warga dalam memilih semakin meningkat, seperti tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilwako 2018.

"Kita berharap tidak ada masalah ataupun konflik tejadi dalam pesta demokrasi ini. Silahkan berkompetisi dan mendukung salah satu calon, tapi tetap dalam etika bersaudara dan badunsanak," katanya. (h/rki)

 


Reporter : Riki Yuherman /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 25 Agustus 2019 - 19:54:24 WIB

    Mantap! PLN Sumbar Beri Diskon Tambah Daya Hingga 100%

    Mantap! PLN Sumbar Beri Diskon Tambah Daya Hingga 100% PADANG, HARIANHALUAN.COM - PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat melakukan aksi massal dengan turun di acara Car Free Day serentak di 4 Kota di Seluruh Sumatera Barat yaitu Padang, Bukittinggi, Solok dan Payakumbuh, Minggu (2.
  • Jumat, 23 Agustus 2019 - 21:31:44 WIB

    Sonsong HUT ke-50, Yarsi Sumbar  Khitan Gratis 105 Muallaf di Siberut, Mentawai

    Sonsong HUT ke-50, Yarsi Sumbar  Khitan Gratis 105 Muallaf di Siberut,  Mentawai MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM- Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) Sumatera Barat menggelar Khitanan Massal dan Pengobatan Gratis yang dipusatkan di  Islamic Centre,  Muara Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai..
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:56:50 WIB

    Tekan Kematian Ibu, 10 Perusahaan MoU dengan Pasbar

    Tekan Kematian Ibu, 10 Perusahaan MoU dengan Pasbar PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 10 perusahaan sawit di Kabupaten Pasaman Barat bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk menekan Angka Kematian Ibu (AKI). Tercatat sepanjang tahun 2018 AKI di Pasbar men.
  • Senin, 12 Agustus 2019 - 16:31:46 WIB

    Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak

    Genius Umar Terima 10 Aspirasi Suara Anak PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kota Pariaman terus melengkapi fasilitas anak melalui program pembangunan infrastruktur kota. Wali Kota Pariaman, Genius Umar pada pincak peringatan HAN Tingkat Kota Pariaman di Balai K.
  • Kamis, 08 Agustus 2019 - 15:25:27 WIB

    Kemarau Panjang, 100 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen

    Kemarau Panjang, 100 Hektare Sawah Terancam Gagal Panen SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 100 hektare areal persawahan warga di Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan, Solsel terancam gagal panen. Pasalnya, dikarenakan turunnya debit air Sungai Batang Sangir sehingga t.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM