Harga Terjun Bebas, Petani Serai Wangi di Kota Solok 'Tapakiak'


Rabu, 17 Juli 2019 - 16:21:38 WIB
Harga Terjun Bebas,  Petani Serai Wangi  di Kota Solok  'Tapakiak' Lahan serai wangi milik Yeri Oskandar yang siap panen di Kelurahan Kampung Jawa, Kecamatan Tanjung Harapan Kota Solok. ALFIAN

SOLOK,HARIANHALUAN.COM-Para petani yang mengusahakan serai wangi sejak 4 bulan terakhir ini terpaksa gigit jari lantaran harga minyak atsiri anjlok pada level Rp 105.000/kg.

Pada hal ditahun 2018, harga minyak atsiri mencapai Rp 350.000/kg ditingkat eksportir nasional. Turunnya harga minyak atsiri membuat petani serai wangi yang menghasilkan minyak atsiri lesu darah.

Yeri Oskandar selaku petani serai wangi pada Haluan Com Selasa (17/7) di ladang serai wanginya menuturkan tentang anjloknya harga minyak atsiri di pedagang. Pada hal dipasaran luar negeri harga minyak atsiri masih Rp 400.000/kg.

Turunnya harga bahan baku pabrikan itu hanyalah semata permainan pedang karena ingin melemahkan petani membudidayakan serai wangi.
Adanya prasangka itu karena diluar negeri harga minyak atsiri masih normal.  Sedangkan minyak atsiri merupakan komoditas ekspor. 

Di Kota Solok luas lahan serai wangi mencapai 30 hektar. Semua pertanaman sudah panen, namun karena harga rendah, ada petani menunda panen.
Jika terus dipaksakan panen kata Yeri yang juga ketua kelompoktani Talago Amko itu, petani merugi karena biaya panen dan biaya penyulingan tidak seimbang dengan penjualan.

Sebelumnya dalam pertemuan antar asosiasi minyak atsiri dengan eksportir di Medan dijanjikan menampung minyak atsiri asal Kota Solok karena rendemen mimyak atsiri asal Kota Solok terbaik di Asia.

Tapi kenyataan sekarang malahan harga anjlok. Logisnya eksportir itu tidak mempermainkan harga karena permintaan minyak atsiri di luar negeri masih tinggi.

Untuk mengatasi persoalan demikian, sebaiknya Pemerintah Kota Solok membentuk koperasi yang menampung produk petani. Koperasi bisa melakukan kerjasama dengan eksportir luar negeri sehingga petani bergairan menanam serai wangi,papar Yeri Oskandar.(h/alf)


Reporter : ALFIAN /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 12:09:35 WIB

    Duh..! Harga “Trio Sembako” Kompak Naik

    Duh..! Harga “Trio Sembako” Kompak Naik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Rata-rata harga bawang putih, minyak goreng kemasan bermerek, dan gula pasir lokal di tingkat nasional meningkat pada Senin (28/10). Namun, mayoritas rata-rata harga pangan lain justru turun..
  • Kamis, 17 Oktober 2019 - 17:58:21 WIB

    Redmi Note 8 Resmi Rilis di Jakarta, Harga Mulai Rp 2 Juta

    Redmi Note 8 Resmi Rilis di Jakarta, Harga Mulai Rp 2 Juta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Redmi merilis dua smartphone terbaru di Jakarta sore ini, Redmi Note 8 dan Note 8 Pro. Kedua smartphone tersebut membawa upgrade yang cukup besar dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Redmi Note.
  • Selasa, 15 Oktober 2019 - 11:44:52 WIB

    Hari Ini Harga Emas Antam Naik

    Hari Ini Harga Emas Antam Naik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Harga emas batangan PT Aneka Tambang (Persero) Tbk pada Selasa (15/10/2019) berada di angka Rp 756.000 per gram..
  • Senin, 14 Oktober 2019 - 13:04:55 WIB

    Harga Meroket, Petani di Solok Bergairah Tanam Cabai

    Harga Meroket, Petani di Solok Bergairah Tanam Cabai SOLOK, HARIANHALUAN.COM-Terinspirasi dengan mahalnya harga cabai beberapa bulan lalu, para petani di Kota Solok dan sekitarnya berlomba-lomba menanam cabai..
  • Kamis, 10 Oktober 2019 - 21:24:12 WIB

    Penghargaan Paritrana Diluncurkan, Sumbar Diharapkan Jadi Pemenang

    Penghargaan Paritrana Diluncurkan, Sumbar Diharapkan Jadi Pemenang PADANG,HARIANHALUAN.COM - Pemerintah kembali meluncurkan penghargaan bagi Perusahaan dan Pemerintah Daerah yang memiliki kepedulian (awerenes) tinggi dan citra positif terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan melalui p.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM