Harga Anjlok, Petani Serai Wangi Kota Solok Menjerit


Rabu, 17 Juli 2019 - 16:30:49 WIB
Harga Anjlok, Petani Serai Wangi Kota Solok Menjerit LAHAN serai wangi milik warga Kota Solok. ALFIAN

SOLOK, HARIANHALUAN.COM - Petani serai wangi di Kota Solok sejak  4 bulan terakhir ini terpaksa gigit jari lantaran harga minyak atsiri anjlok pada level Rp105.000/kg.

Pada hal ditahun 2018, harga minyak atsiri mencapai Rp 350.000/kg ditingkat eksportir nasional. Turunnya harga minyak atsiri membuat petani serai wangi yang menghasilkan minyak atsiri lesu darah.

Yeri Oskandar selaku petani serai wangi pada Haluan, Selasa(17/7) di ladang serai wanginya menuturkan tentang anjloknya harga minyak atsiri di pedagang. Pada hal dipasaran luar negeri harga minyak atsiri masih Rp 400.000/kg.

Turunnya harga bahan baku pabrikan itu hanyalah semata permainan pedang karena ingin melemahkan petani membudidayakan serai wangi.

Adanya prasangka itu karena diluar negeri harga minyak atsiri masih normal.  Sedangkan minyak atsiri merupakan komoditas ekspor.

Di Kota Solok luas lahan serai wangi mencapai 30 hektare. Semua pertanaman sudah panen, namun karena harga rendah, ada petani menunda panen.

Jika terus dipaksakan panen kata Yeri yang juga ketua kelompoktani Talago Amko itu, petani merugi karena biaya panen dan biaya penyulingan tidak seimbang dengan penjualan.

Sebelumnya dalam pertemuan antar asosiasi minyak atsiri dengan eksportir di Medan dijanjikan menampung minyak atsiri asal Kota Solok karena rendemen mimyak atsiri asal Kota Solok terbaik di Asia.

Tapi kenyataan sekarang malahan harga anjlok. Logisnya eksportir itu tidak mempermainkan harga karena permintaan minyak atsiri di luar negeri masih tinggi.

“Untuk mengatasi persoalan demikian, sebaiknya Pemerintah Kota Solok membentuk koperasi yang menampung produk petani. Koperasi bisa melakukan kerja sama dengan eksportir luar negeri sehingga petani bergairan menanam serai wangi,” papar Yeri Oskandar. (h/alf)


Reporter : Alfian /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 23:42:16 WIB

    Developer Mengeluh, Harga Semen Padang Masih Tinggi di Pekanbaru

    Developer Mengeluh, Harga Semen Padang Masih Tinggi di Pekanbaru PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Pengembang perumahan di Pekanbaru mengeluhkan kenaikan harga bahan bangunan semen merek Semen Padang. Apalagi saat ini produk tersebut menguasai pasar atau tidak memiliki kompetitor di Pekanbaru..
  • Ahad, 11 Agustus 2019 - 18:31:11 WIB

    Wah..!! Harga Cabai Kian Panas, di Pessel Sampai Rp100 Ribu per Kilogram

    Wah..!! Harga Cabai Kian Panas, di Pessel Sampai Rp100 Ribu per Kilogram PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Menyambut Hari Raya Idul Adha 1440 H, ternyata harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Pesisir Selatan ikut meroket. Pantauan Haluan di pasar tradisional Surantih, Kecamatan Sutera harga cabai .
  • Selasa, 06 Agustus 2019 - 21:23:20 WIB

    Sudahlah Langka, Harga Semen Padang Juga Melonjak Capai Rp80 Ribu

    Sudahlah Langka, Harga Semen Padang Juga Melonjak Capai Rp80 Ribu PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Semen merek Semen Padang mengalami kelangkaan dan harganya naik cukup tinggi di Kota Pekanbaru, Riau. Penjual eceran di toko bangunan Garuda Sakti Makmur, Panam mengatakan harga semen naik dari R.
  • Sabtu, 03 Agustus 2019 - 23:24:50 WIB

    Harga Cabai di Padang Pariaman Semakin 'Pedas'

    Harga Cabai di Padang Pariaman Semakin 'Pedas' PADANG PARIAMAN, HARIANHAKUAN.COM-Harga jual eceran cabai merah di Pasar Nagari Campago Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman pada Sabtu (3/8), hari pasar, mencapai Rp65 ribu/Kg. .
  • Kamis, 01 Agustus 2019 - 11:18:49 WIB

    Sempat Naik Dua Hari, Harga Emas Turun Hari Ini

    Sempat Naik Dua Hari, Harga Emas Turun Hari Ini JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Setelah sempat naik berturut-turut selama dua hari, Harga emas dilaporkan dilaporkan turun. PT Aneka Tambang Tbk (Antam) dijual pada harga Rp702,5 ribu per gram pada Kamis (1/8). Posisi ini turu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM