Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana


Rabu, 17 Juli 2019 - 16:33:55 WIB
Petani Cabai Binaan Baznas Panen Perdana PANEN PERDANA -- Bupati Pasaman, Yusuf Lubis didampingi Ketua Baznas, Ustaz Syafrizal (kanan) memetik cabai diladang binaan Baznas setempat. YUDI

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Petani Binaan Baznas Kabupaten Pasaman, di Padang Manduang, Jorong Rumah Nan XXX, Nagari Aia Manggis, Kecamatan Lubuksikaping, panen raya cabai, Rabu (17/7). Panen perdana ini dihadiri oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

 

Panen cabai di kebun milik Novri Indra ini, juga dihadiri oleh Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait, Camat Lubuk Sikaping, Afrizal, Wali Nagari Aia Manggis, Yoharman, Kepala Jorong dan Mahasiswa KKN PPM Universitas Andalas (Unand) Padang.

 

"Panen raya cabai perdana ini diatas lahan seluas satu hektar. Tadi yang dipanen sebanyak 75 kg. Kebun cabai ini digarap oleh Novri Indra, binaan Baznas," kata Ketua Baznas, Syafrizal, kemarin.

 

Dikatakan, dasar hukum kerjasama (MoU) antara Baznas dengan pemilik lahan, Novi Indra, merujuk pada Undang-Undang tentang Zakat, Nomor 23 tahun 2011, serta Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 14 tahun 2014.

 

"Bahwa tujuan Baznas itu disamping membantu konsumtif juga produktif. Ini dalam rangka pendayagunaan, dan juga tujuan zakat itu sesungguhnya merubah mustahik menjadi muzakki," ujar Syafrizal.

 

Selain membina petani cabai di daerah itu, Baznas dibawah kepemimpinan Ustadz Syafrizal ini juga memiliki binaan disektor lainnya. Diantaranya, pabrik coklat kipang pulut di Bonjol dan PT Equator Pasaman untuk penggemukan sapi kurban.

 

"Program unggulan Baznas itu adalah zakat produktif. Panen perdana cabe ini adalah yang ketiga zakat produktif yang diresmikan oleh Bupati Pasaman dan Gubernur Sumbar," katanya.

 

Bupati Pasaman, Yusuf Lubis mengapresiasi dilaksanakannya panen perdana cabe super Binaan Baznas setempat. Menurutnya, pembinaan oleh Baznas terhadap petani cabai di daerah itu akan berdampak pada peningkatkan ekonomi masyarakat.

 

"Puji syukur kepada Allah SWT dan terima kasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Ketua Baznas, dan pak Novri Indra beserta tim. Saya sangat terkejut dan seakan akan tidak percaya melihat kenyataan panen ini sukses," katanya.

 

Ia merasa senang bisa ikut panen bersama petani. Menurut dia, hal tersebut merupakan momentum kebahagiaan para petani yang telah mempunyai pundi-pundi keuangan melalui ladang cabai untuk keluarga masing-masing.

 

"Pembinaan oleh Baznas ini merupakan upaya untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan, terutama bagi masyarakat kita yang kurang mampu agar tingkat ekonomi masyarakat ini bisa meningkat dan bisa memenuhi kebutuhan mereka," kata Yusuf Lubis.

 

Atas dasar itu, Bupati Pasaman ini berencana berencana menjadikan Padang Manduang, Nagari Air Manggis, Lubuksikaping sebagai sentra tanaman cabai di daerah itu. Selain tanah yang subur, menurutnya lokasi cocok dan strategis.

 

"Maka saya mohon kepada Pak Camat dan Pak Wali, bagaimana kalau ini kita jadikan sentra cabai super untuk kawasan Lubuksikaping. Bila perlu dijadikan objek wisata lado (cabai)," ujar Yusuf Lubis. (h/yud)


Reporter : Yudi Lubis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM