PIDBF XVII, Lima Negara Asing Dipastikan Ikut


Rabu, 17 Juli 2019 - 21:11:51 WIB
PIDBF XVII, Lima Negara Asing Dipastikan Ikut Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Dedi Henidal didampingi Kabid Olahraga Yuherdi saat pelaksanaan diseminasi informasi di Media Center Diskominfo Kota Padang, Rabu (17/7). AKMAL

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Lima negara asing hampir dipastikan mengikuti Padang International Dragon Boat Festival (PIDBF) XVII yang digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Padang pada 1 sampai 4 Agustus. Total hadiah yang disediakan Pemko Padang sebesar Rp195 juta.

Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Dedi Henidal mengatakan, saat ini pihaknya terus melakukan koordinasi terkait kepastian jumlah peserta yang akan ikut.

"Kemungkinan peserta dari negara lain itu, yakni Filipina, Qatar, Inggris, Malaysia dan Singapura. Sampai saat ini kami terus berkoordinasi, agar mendapatkan kepastian dari negara tersebut," ujarnya saat pelaksanaan diseminasi informasi di Media Center Diskominfo Kota Padang, Rabu (17/7).

Sedangkan untuk peserta dalam negeri, sambungnya, akan diikuti oleh Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) dari berbagai kabupaten/kota, baik dari Sumbar dan luar Sumbar. Sampai saat ini, sudah terdapat 15 Podsi, ditambah satu dari Satpol PP Kota Padang yang menyatakan kesiapannya.

"Tidak hanya itu, nantinya juga akan ada lomba dari kesatuan yang sampai saat ini juga sudah ada 16 kesatuan TNI dan Polri yang menyatakan bisa ikut," katanya.

Ia menyebutkan, untuk peserta dari luar negeri dan dalam negeri luar Sumbar akan diberikan akomodasi, konsumsi dan transportasi lokal. Sedangkan untuk yang berasal dari Sumbar akan disediakan transportasi lokal.

"Untuk yang di dalam Sumbar, penginapan dan makan ditanggung oleh masing-masing PODSI. Kami hanya menyediakan transportasi," sebutnya.

Pembukaan, kata Dedi, akan dimulai pada tanggal 1 Agustus di pelataran parkir GOR H Agus Salim Padang. Sedangkan lokasi lomba akan dilakukan di Banjir Kanal wilayah Gor tersebut. "Festival ini juga merupakan salah satu ajang dalam memperingati Hari Jadi Kota Padang yang terus dilaksanakan setiap tahunnya," ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Bidang Olahraga Dispora Padang, Yuherdi mengatakan, paling lama peserta harus memasukan proposal atau nomor dan jenis lomba yang diikuti sebelum pelaksaan pertemuan sehari sebelum lomba dimulai.

"Jadi kita dipastikan dahulu sebelum dilaksanakannya, karena pada saat pertemuan dipastikan jadwal pertandingan," katanya.

Ia menyebutkan, akan ada tujuh nomor dan jenis yang akan dipertandingkan, yakni 800 meter 22 pendayung putra, 800 meter 22 pendayung mix, 800 meter 22 pendayung antar bangsa, 800 meter 12 pendayung putra, 800 meter 12 pendayung putri, 800 meter 12 pendayung mix dan 800 meter 12 pendayung kesatuan.

"Harapan kita, itu bagaimana masyarakat Kota Padang dapat meningkatkan kecintaannya terhadap dayung. Mudah-mudahan dengan iven ini apa yang kita harapkan dapat berjalan," katanya. (h/mg-mal)


Reporter : AKMAL /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM