Kadisdik Sumbar Adib Alfikri Lepas 137 Kontingen 02SN SLB dari 19 Kab/Kota


Kamis, 18 Juli 2019 - 20:38:12 WIB
Kadisdik Sumbar Adib Alfikri Lepas 137 Kontingen 02SN SLB dari 19 Kab/Kota Kadisdik Adib Alfikri bersama anggota Kontingen 02SN SLB. YESI

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar melepas 137 orang kontingen Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (02SN) SLB tingkat provinsi Sumbar tahun 2019 yang merupakan perwakilan dari 19 Kab/Kota, Kamis (18/7).

Secara keseluruhan, Peserta O2SN berasal dari peserta didik jenjang SDLB, SMPLB, SMALB. Dimana diikuti oleh 293 orang yang terdiri atas 137 peserta, 137 pendamping dan 19 officcial.

Kepala Dinas pendidikan Sumbar Adib Alfikri yang ditemui Haluan pasca upacara pelepasan mengatakan, Disdik Sumbar akan memberikan kesempatan yang sama bagi siswa SLB untuk berprestasi.

"Kita akan memberikan ruang dan kesempatan yang sama untuk anak-anak kita (yang berada di SLB) semua. Untuk itu, dalam menghadapi perlombaan yang sudah didepan mata, kepada anak-anak harus ditanamkan sifat sportifitas. Menang kalah bukan soal. Yang terpenting harus mampu menunjukkan kalau mampu jadi yg terbaik," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikannya penyelenggaraan O2SN merupakan upaya sistematis untuk meletakkan fondasi dan tradisi keunggulan di bidang olahraga bagi siswa.

"Pendidikan tidak hanya menjadikan manusia yang cerdas, tetapi juga menginginkan manusia yang tangguh, segar dan bugar baik fisik maupun jiwanya. Keikutsertaan siswa dan guru pada O2SN SLB juga dapat menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan bangsa.

Adib berharap, dengan pelaksanaan O2SN dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan gerak peserta didik yang berkebutuhan khusus dalam bidang olahraga, meningkatkan minat terhadap olahraga meningkatkan kesegaran jasmani dan sikap kompetitif serta sportifitas pada peserta didik.

"Diluar itu semua harapan besar kita tentu terpilihnya utusan provinsi sumbar ke tingkat nasional nantinya. Yang terbaik akan kita kirim mewakili sumbar ke 02SN nasional agustus mendatang di Solo," jelas Adib.

Ia juga berpesan lepada masing-asing pendamping agar berusaha maksimal dan menunjukkan usaha untuk mengambil tiket dan peluang ke solo itu.

"Untuk unsur pendamping agar bisa mendampingi anak-anak. Harus butuh kesabaran. Makanya berikan pengabdian sebesar-besarnya untuk memberikan yang terbaik. Jangan sampai yang seharusnya juara tidak jadi juara karena salah mengambil mood nya. Berikan yg terbaik, sehingga potensi anak-anak ini tidak hilang.

Kepada wasit Adib juga meminta dapat berlaku sebagai hakim yang adil, tidak subjektif dan tentunya bekerja profesional.

"Jangan diciderai anak-anak hanya untuk kepentingan. Kalau harus menang kita harus menangkan. Mudah2an sumbar dapat hasil yg terbaik," tutupnya. (h/mg-yes)


Reporter : YESI /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM