Sediakan Tapping Box di Mesin Kasir, KPK Dukung Upaya Bank Nagari Dongkrak PAD


Kamis, 18 Juli 2019 - 21:36:34 WIB
Sediakan Tapping Box di Mesin Kasir,  KPK Dukung Upaya Bank Nagari Dongkrak PAD Dirut Bank Nagari Dedy Ihsan bersama Pemko Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi menandatangani nota kesepahaman bersama Tentang monitoring online penerimaan pajak daerah untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah dengan media tapping box di Auditorium Gubernuran Sumbar, Padang, Kamis (18/7). ITA

PADANG, HARIANHALUAN.COM-PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat atau Bank Nagari akan menyediakan tapping box di mesin kasir hotel, restoran dan tempat hiburan yang ada di Sumatra Barat untuk memudahkan pemda dalam memonitor pajak daerah.

Hal ini sebagai upaya untuk mendukung pengoptimalan penerimaan daerah serta mencegah tindak pidana korupsi bidang optimalisasi pendapatan daerah sekaitan komitmen bersama dan rencana aksi program pemberantasan korupsi terintegrasi di Sumbar 2019.

Dalam hal ini, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI juga memfasilitasi kerjasama pemerintah daerah dengan Bank Nagari sebagai pemegang kas daerah dalam rangka optimalisasi penerimaan pajak daerah.

Bank Nagari bersama tiga kepala daerah, Pemko Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi menandatangani nota kesepahaman bersama Tentang monitoring online penerimaan pajak daerah untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah dengan media tapping box.

Penandatangan dilakukan bersamaan dengan kegiatan rapat koordinasi pencegahan korupsi terintegrasi se-Sumbar di Auditorium Gubernuran Sumbar, Kamis (18/7) yang dihadiri Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang dan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno.

Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan KPK-RI mendorong pemda untuk meningkatkan optimalisasi dalam pengelolaan pendapatan asli daerah sehingga dana pembangunan bisa dimanfaatkan dengan baik di setiap daerah.

Sementara itu Direktur Utama Bank Nagari Sumbar Dedy Ihsan mengatakan salah satu solusi yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan penerimaan daerah adalah dengan memanfaatkan media.

“Media itu biasa disebut dengan 'tapping box' yang sudah dicanangkan oleh KPK dengan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah. Tapping box merupakan alat monitoring transaksi usaha secara online.

Alat tersebut terhubung langsung ke server data transaksi setiap wajib pajak  sehingga alat tersebut dapat merekam seluruh transaksi keuangan wajib pajak dan mengirimkannya ke server pemda.Tapping box tersebut disediakan Bank Nagari dan diletakkan di restoran/rumah makan, hotel, dan tempat hiburan.

Tapping Box sendiri memiliki beberapa tipe diantaranya tipe statis dan juga tipe portable yang mirip dengan mesin Electronic Data Capture (EDC). Tipe portable ini memiliki beberapa keunggulan disamping  saat digunakan “bersahabat” juga dapat diguakan dengan pilihan transaksi tunai (debit card),” kata Dedy.

Dalam kesempatan itu Dirut menyampaikan bahwa Bank nagari mendukung spenuhnya program pemerintah diataranya melalui Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), yang menghubungkan berbagai pembayaran elektronik atau transaksi non tunai pada semua instrumen bank dalam satu sistem pembayaran.

Pada tahun ini Bank Nagari pada 2019 ini juga akan memberikan fasilitas layanan perbankan, yaitu Asian Payment Network dan Union Pay. Artinya akan tercapai konektivitas Bank Nagari dengan beberapa perbankan di kawasan Asia, seperti Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Arab saudi dan China.

Apabila ada wisatawan dari negara-negara tersebut masuk ke Sumbar akan dapat memanfaatkan ATM dan EDC Bank Nagari begitupun juga sebaliknya.

Terkait dengan peran sebagai agent of regional development tersebut, Bank Nagari, katanya, terus mengembangkan digitalisasi layanan pemda. 

Dalam kaitan ini, Bank Nagari bekerjasama dengan pemda se-Sumbar telah melakukan digitalisasi pengelolaan keuangan daerah, baik sisi pengeluaran maupun sisi penerimaan daerah. Di sisi pengeluaran, Bank Nagari mengeimplementasikan aplikasi SP2D Online di 15 pemda se-Sumbar.

Sedangkan dari sisi penerimaan, Bank Nagari juga telah mengimplementasikan layanan cash management system (CMS), host to host PBB dan Samsat Online di kabupaten/kota se-Sumbar.

Pelaksanaan digitalisasi layanan pemda tersebut telah mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat dan meningkatkan akuntabilitas pemda, serta meningkatkan optimaisasi penerimaan pemda.

Dedy Ihsan menyampaikan terima kasih kepada pimpinan KPK yang telah memberikan endorsement kepada Bank Nagari dalam implementasi layanan monitoring online pajak daerah dan mengapresiasi gubernur, walikota/bupati atas dukungan dan kerjasamanya dengan Bank nagari dalam layanan monitoring online pajak daerah. (h/ita/atv)


Reporter : ITA-AT /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM