Wagub Nasrul Abit: Badan Pengelola Ombilin Segera Dibentuk


Kamis, 18 Juli 2019 - 21:49:50 WIB
Wagub Nasrul Abit: Badan Pengelola Ombilin Segera Dibentuk Kunjungan Wagub Sumbar, Nasrul Abit ke Lubang Tambang Mbah Soero Sawahlunto. IST

SAWAHLUNTO,HALUANHALUAN.COM-Mendukung warisan pertambangan batubara Ombilin Sawahlunto yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan budaya dunia (heritage world), Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siapmembantu dengan pembenahan dan pembangunan infrastruktur penunjang pariwisata.

Wagub Nasrul Abit mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat untuk mengupayakan agar sejumlah ruas jalan provinsi di Sawahlunto dapat ditingkatkan statusnya menjadi jalan nasional.

"Pembenahan secepatnya, yakni dengan melakukan penambalan jalan jalan Provinsi yang ada. Namun kedepan kita juga akan mengususlak ke pusat agar jalan tersebut naik status jadi jalan Nasional," katanya.

Hal itu diungkapkan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit saat memantau kondisi terkini Sawahlunto setelah ditetapkan sebagai warisan dunia UNESCO, Rabu (17/7).

Dalam kesempatan itu Wagub juga meminta, agar sinergi antara Pemko dengan PT Bukit Asam selaku pengelola pertambangan Ombilin berjakan baik dan terus ditingkatkan.Pemprov Sumbar lanjutnya, akan segera mengkoordinasikan rapat pembahasan Badan Pengelola Ombilin dengan PT. BA, PT. KAI, Pemko Sawahlunto dan 6 kabupaten dan kota lain di Sumatera Barat yang dilalui jalur rel kereta api pengangkut batu bara ke pelabuhan Teluk Bayur, Padang.

"Kemungkinan pada 23 Juli nanti kita sudah laksanakan rapat tentang pembahasan Badan Pengelola Ombilin ini," katanya.

Dalam kesempatan itu, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta mengungkapkan, Sawahlunto tidak bisa bergerak sendiri untuk pengelolaan kota warisan budaya dunia ini, harus dengan didukung oleh Pemprov dan Pemerintah Pusat.

"Kita akan terus bergerak terdepan, namun dukungan semua pihak tentu sangat dibutuhkan untuk mem back-up nya. Untuk itu kami butuh koordinasi dan petunjuk dengan Pemprov dan lembaga lembaga terkait," ujarnya.

Kunjungan Rombongan Wagub Nasrul Abit, ke Sawahlunto juga terlihat Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Gemala Ranti, meninjau 3 titik ruas jalan provinsi yang kondisinya saat ini berlubang dan bergelombang. Wagub Nasrul Abit juga meninjau Museum Tambang Batubara Ombilin, Lubang Tambang Mbah Suro dan Museum Goedang Ransoem.(h/rki)


Reporter : RIKI YUHERMAN /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 22 Agustus 2019 - 21:49:31 WIB

    Penertiban KJA di Danau Maninjau, Wagub: Keramba Milik Pengusaha Diangkat Lebih Dulu

    Penertiban  KJA di Danau Maninjau, Wagub: Keramba Milik Pengusaha Diangkat Lebih Dulu PADANG,HARIANHALUAN.COM— Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Agam akan segera menertibkan seluruh Karamba Jaring Apung  (KJA) yang masih ada di Danau Maninjau. Pengangkatan direncanakan d.
  • Jumat, 02 Agustus 2019 - 11:31:46 WIB

    Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully

    Wagub Sumbar Minta drg Lili Pengganti drg Romi Jangan Di-bully PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meminta agar drg Lili Suryani tidak di-bully. Lili Suryani merupakan rival dan menggantikan posisi drg Romi Syofpa Ismael yang dicoret sebagai CPNS di Kab.
  • Selasa, 23 Juli 2019 - 19:25:16 WIB

    Wagub Sumbar Buka Jambore PRB di Mentawai

    Wagub Sumbar Buka Jambore PRB di Mentawai MENTAWAI,HARIANHALUAN.COM- Wakil Gubernur Sumatera Barat membuka secara resmi kegiatan Jambore Pengurangan Risiko Bencana (PRB) VI tingkat Sumatera Barat yang berlangsung di Dusun Mapadegat  Kecamatan Sipora Utara Kepulauan .
  • Ahad, 23 Juni 2019 - 22:08:38 WIB

    Wagub Sumbar Lepas 20 Ribu Bibit Ikan di Danau Singkarak

    Wagub Sumbar Lepas 20 Ribu Bibit Ikan di Danau Singkarak TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM — Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit melepas 20.000 bibit ikan paweh dan asem di Danau Singkarak, Jumat (216/) sore. Upaya ini merupakan salah satu usaha Pemerintah Provinsi Sumatera Ba.
  • Senin, 29 April 2019 - 20:06:22 WIB

    Wagub Minta Anggaran MTQ Nasional XXVIII Masuk APBD-P 2019

    Wagub Minta Anggaran MTQ Nasional XXVIII Masuk APBD-P 2019 PADANG, HARIANHALUAN.COM — Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXVIII hanya tinggal 13 bulan lagi. Untuk itu, segala macam persiapan, termasuk penganggaran harus mulai digenjot dari sekarang..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM