TPU Tunggul Hitam Hampir Penuh, Kadis LH: Tak Diurus 10 Tahun Diputihkan


Jumat, 19 Juli 2019 - 20:05:34 WIB
TPU Tunggul Hitam Hampir Penuh, Kadis LH: Tak Diurus 10 Tahun Diputihkan TPU Tunggul Hitam (dok.Haluan)

PADANG,HARIANHALUAN.COM- Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan, makam yang sudah 10 tahun tidak diurus maka akan diputihkan. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam saat ini sedang dalam pendataan untuk pemutihan tersebut. 

"Makam yang minimal 10 tahun tidak diurus atau tidak dibayar retribusinya akan kami putihkan. Supaya lahan tersebut bisa digunakan untuk yang baru lagi. Mengingat lahan di tempat tersebut mulai penuh," terang Mairizon, Jumat (19/7).

Untuk pemutihan tersebut, Mairizon menuturkan akan mendatangi, menyurati ahli waris dan memberikan tenggang waktu sampai enam bulan ke depan. Jika dalam tenggang waktu diberikan masih tidak diurus artinya sudah bisa diputihkan.

"Karena ini menyangkut makam perlu kehati-hatian dalam mendatanya. Namun, aturan tersebut sedang dalam rancangan dan dibuatkan perwako nya. Kami akan mendatangi ahli warisnya. Kemudian, juga akan membuat pengumuman yang akan ditujukan bagi ahli waris tersebut," lanjutnya.

Mairizon menambahkan, selain pemutihan, pihaknya juga akan melakukan topang sari bagi keluarga ahli waris. Tujuannya juga untuk meminimlisir lahan.

"Setelah 10 tahun itu jasat akan tinggal tulang belulang saja, dan mungkin saja ada sanak familinya yang mau dikuburkan berdekatan dengan jasat sebelumnya. Itu saratnya jika sudah 10 tahun. Namun itu juga masih dalam perencanaan," tukasnya. (h/win)


Reporter : WINDA MORITA /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 19 Juli 2019 - 23:19:40 WIB

    10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini

    10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan, makam yang sudah 10 tahun tidak diurus maka akan diputihkan. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam saat ini sedang dalam pend.
  • Jumat, 26 April 2019 - 16:15:20 WIB

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah

    TPU Tunggul Hitam Mulai Dibanjiri Peziarah PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang memasuki Ramadan 1440 H, hampir sama seperti tahun sebelumnya, Taman Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam mulai diramaikan dengan keluarga yang ingin berziarah. Meski belum signifikan, secara b.
  • Ahad, 24 Juni 2018 - 10:27:41 WIB

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda

    TPU Air Dingin Finishing, TPU Bungus Siap Menanti Anda PADANG, HARIANHALUAN.COM - Bagi warga Kota Padang arah selatan yang keluarganya meninggal dunia, saat ini sudah bisa menggunakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) Bungus. Tersedia tiga hektar luas tanah yang bisa memakamkan warga m.
  • Jumat, 22 Desember 2017 - 22:35:37 WIB

    TPU Tunggul hitam Penuh, Sektor Bungus Siap Digunakan

    TPU Tunggul hitam Penuh, Sektor Bungus Siap Digunakan PADANG, HARIANHALUAN.COM – Akibat sesak dan penuhnya Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Tunggul Hitam, maka Dinas Lingkungan Hidup (DLH) akan menambah tiga sektor pemakaman lagi. Sektor Selatan yaitu di Bungus, Sektor Timur Buk.
  • Kamis, 27 Oktober 2016 - 02:18:51 WIB

    Warga Air Dingin Menolak, Pembangunan TPU Terancam Gagal

    PADANG, HALUAN—Pembukaan lahan Tempat Pemakaman umum (TPU) di Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah (Aia Dingin II) terancam gagal. Pasalnya, warga sekitar menolak lahan tersebut digunakan untuk TPU..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM