10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini


Jumat, 19 Juli 2019 - 23:19:40 WIB
10 Tahun Tak Diurus, Pemko Padang Putihkan Makam di TPU Ini Ilustrasi, TPU Tunggul Hitam. dok/net

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon menuturkan, makam yang sudah 10 tahun tidak diurus maka akan diputihkan. Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tunggul Hitam saat ini sedang dalam pendataan untuk pemutihan tersebut.

"Makam yang minimal 10 tahun tidak diurus atau tidak dibayar retribusinya akan kami putihkan. Supaya lahan tersebut bisa digunakan untuk yang baru lagi. Mengingat lahan di tempat tersebut mulai penuh," terang Mairizon, Jumat (19/7).

Untuk pemutihan tersebut, Mairizon menuturkan akan mendatangi, menyurati ahli waris dan memberikan tenggang waktu sampai enam bulan ke depan. Jika dalam tenggang waktu diberikan masih tidak diurus artinya sudah bisa diputihkan.

"Karena ini menyangkut makam perlu kehati-hatian dalam mendatanya. Namun, aturan tersebut sedang dalam rancangan dan dibuatkan perwako nya. Kami akan mendatangi ahli warisnya. Kemudian, juga akan membuat pengumuman yang akan ditujukan bagi ahli waris tersebut," lanjutnya.

Mairizon menambahkan, selain pemutihan, pihaknya juga akan melakukan topang sari bagi keluarga ahli waris. Tujuannya juga untuk meminimlisir lahan.

"Setelah 10 tahun itu jasat akan tinggal tulang belulang saja, dan mungkin saja ada sanak familinya yang mau dikuburkan berdekatan dengan jasat sebelumnya. Itu saratnya jika sudah 10 tahun. Namun itu juga masih dalam perencanaan," tukasnya. (*)

 


Reporter : Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM