Mahasiswa KKN Unand Bagikan Bibit Tanaman Unggul


Jumat, 19 Juli 2019 - 23:49:01 WIB
Mahasiswa KKN Unand Bagikan Bibit Tanaman Unggul Wali Nagari Koto Dalam Selatan, Masyawarah menerima bibit unggul dari mahasiswa KKN Unand di halaman Kantor Wali Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. YUHENDRA

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM-Penanaman bibit menjadi salah satu program unggulan Kuliah Kerja Nyata Universitas Andalas (KKN Unand). Melalui mahasiswa KKN Unand, bibit disebarkan di beberapa nagari yang menjadi lokasi KKN Unand.

"Di sini, kami dari KKN Unand memberikan bibit pada pemerintahan nagari, bibit yang dibagikan merupakan bibit unggul yang merupakan kualitas terbaik," kata Ketua Nagari Kelompok KKN PPM Unand, Dani Prayoga, kemarin.

Nagari Koto Dalam Selatan, Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman, menjadi salah satu lokasi dalam KKN PPM Unand tahun 2019. Nagari Koto Dalam Selatan berada di Kecamatan Padang Sago, Kabupaten Padang Pariaman. Nagari ini memiliki empat Korong, yaitu Korong Padang Sago Randah, Korong Padang Bungo, Korong Rukam dan Korong Pauh Manih.

"Ada 44 bibit yang kami serahkan kepada Wali Nagari Koto Dalam Selatan. Bibit itu di antaranya bibit pinang, bibit bayur, bibit alpukat, bibit petai, bibit durian dan bibit kakao, semuanya bibit dengan kualitas terbaik," katanya.

Dani menyampaikan, pemberian bibit kepada Nagari Koto Dalam Selatan salah satu program dari mahasiswa KKN dalam rangka penghijauan. Selain itu, juga memberikan manfaat secara ekonomis bagi masyarakat. "Mudah-mudahan bibit ini bisa bermanfaat bagi masyarakat atau pemerintahan nagari," ujarnya.

Penyerahan bibit itu langsung diberikan kepada Wali Nagari Koto Dalam Selatan, Masyawarah. Proses penyerahan dihadiri perangkat Nagari Koto Dalam Selatan, yaitu ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), ketua badan musyawarah, ketua karang taruna, ketua pemuda, ketua korong, mahasiswa KKN IAIN Bukittinggi dan masyarakat Nagari Koto Dalam Selatan.

“Untuk perawatannya, tidak jauh berbeda dengan bibit pada umumnya cukup dengan penambahan pupuk dan pekarangan yang bersih” ujar Ridho, salah satu mahasiswa Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian Unand, yang memberikan penjelasan tentang cara perawatan bibit.

Sementara Wali Nagari Masyawarah mengucapkan terima kasih atas bibit yang diberikan oleh mahasiswa KKN. Ia berharap bibit tanaman yang diberikan mahasiswa ini bisa bermanfaat. “Terima kasih atas bibit yang telah diberikan, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua, serta dapat menambah keasrian dan hijaunya Nagari Koto Dalam Selatan," kata Masyawarah. (h/mg-hen)


Reporter : HEN /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM