Dua Jorong di Tanjung Sani Didera Bencana Tanah Longsor 


Jumat, 19 Juli 2019 - 23:59:32 WIB
Dua Jorong di Tanjung Sani Didera Bencana Tanah Longsor  Bpbd Kabupaten Agam bersama Camat Tanjung Raya, Satpol PP dan Damkar, PUTR Kabupaten Agam, Pemerintah Kecamatan dan Nagari melakukan penanganan bencana tanah longsor. (dok.BPBD)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam menurunkan alat berat untuk pembersihan material longsor di daerah Batu Bagantuang Jorong Galapung Nagari Tanjung Sani Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam.

Dalam kejadian tersebut korban jiwa dan materil nihil sementara paska peristiwa masyarakat di Jorong Galapung mengungsi ke tempat yang lebih aman utk menghindari hal- hal yang tidak diinginkan.

Kepala Badan Pelaksana Badan Penanggulangan bencana Daerah, Jumat (19/7), mengatakan, pembersihan dilakukan dengan manual bersama jajaran Forkopimca Tanjung Raya paska kejadian.

“ Longsor yang terjadi pada pukul 21.50 WIB, Kamis (18/7) di kawasan tersebut mengakibatkan tertutupnya akses jalan di Jorong Pandan ke Jorong Galapung,” katanya.

Dikatakannya, areal longsor cukup luas, oleh sebab itu pada Jumat alat berat milik PUTR sudah dikerahkan ke lokasi. Mendapat laporan itu, tim satgas BPBD langsung terjun ke lokasi untuk melakukan evakuasi material longsor.

Tinggi material yg menutupi jalan sepanjang 30 meter  dengan ketinggian sekitar 5 meterial yang terdiri dari tanah. Bebatuan serta kayu yang turun dari atas bukit akibat hujan lebat yang melanda Nagari Tanjung Sani.

Namun, setelah kejadian upaya penanganan belum dapat maksimal, dikarenakan kondisi tanah longsor masih labil. Sehingga, pembersihan material menggunakan alat berat dilakukan pada Jum’at pagi.

“ Satgas BPBD bersama jajaran Forkopimca Tanjung Raya, dibantu Polri, TNI, serta masyarakat sekitar mengevakuasi material longsor, kemudian turut memaksimalkan, alat berat, jelang siang hampir tuntas,” jelasnya. (h/yat)


Reporter : RAHMAT HIDAYAT /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM