Amien Sebut Rekonsiliasi Masuk Akal jika Ada Pembagian 55:45


Sabtu, 20 Juli 2019 - 22:49:15 WIB
Amien Sebut Rekonsiliasi Masuk Akal jika Ada Pembagian 55:45 PAN Amien Rais menyebut syarat rekonsiliasi di antaranya adalah pembagian kursi 55:45.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais menyebut dua syarat rekonsiliasi dengan kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Yakni, ide-ide dari kubu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno diterima dan dengan pembagian kursi 55:45.

Jika tidak, pihaknya memilih jadi oposisi. Bagi partai kubu 02 yang tetap menyeberang ke pemerintah, Amien menyebut mereka menanggung aib.

"Misalnya disepakati, ayo bagi 55-45, itu masuk akal. Kalau sampai disepakati, berarti rezim (Jokowi) ini balik kanan, sudah jalan akalnya. Tapi ini kan enggak mungkin," ujar Amien di Gedung Dewan Dakwah, Jakarta, Sabtu (20/7).


Hal ini dikatakannya terkait tawaran rekonsiliasi yang diajukan kubu Jokowi-Ma'ruf Amin kepada Prabowo-Sandiaga.

Menurut Amien, rekonsiliasi mestinya didasarkan atas kesamaan program atau platform. Jokowi, lanjutnya, harus memiliki pandangan yang sama dengan Prabowo soal masa depan negara.

"Saya bilang kalau mau rekonsialiasi tentukan dulu platformnya, mau diapakan Indonesia ini," ujar dia.

Platform Prabowo yang perlu disamakan dengan Jokowi, kata dia, adalah soal kedaulatan pangan, energi, tanah, hingga air. Ia menilai platform Prabowo itu diyakini dapat membuat kokoh Indonesia.

"Kalau mungkin [dilaksanakan], alhamdulillah, negeri ini bisa kokoh sekali karena ide Prabowo akan dilaksanakan. Tapi kalau [Jokowi] tidak mau [melaksanakan ide Prabowo], ya sudah kita di luar, oposisi," ucapnya.

Jika dalam kondisi itu ada partai oposisi yang tetap menyeberang ke koalisi pemerintah, Amien menilai parpol tersebut menanggung dua dosa. Terlebih, jika itu hanya karena menerima tawaran satu kursi menteri.

"Sungguh aib kalau ada partai pendukung 02 tiba-tiba menyeberang hanya karena satu kursi ecek-ecek, kemudian dosanya dua," ujar dia.

"Kalau hanya embel-embel, berarti si menteri embel-embel berkolaborasi dengan rezim yang selama ini kita kritik karena terlalu mementingkan orang berada. Dosanya dipikul bareng oleh menteri ecek-ecek," Amien melanjutkan.

Lebih dari itu, Amin masih mengaku heran mengapa Jokowi mendesak rekonsiliasi dengan Prabowo. Padahal, ia menyatakan Jokowi sebagai pemenang pemilu seharusnya tidak melakukan hal itu.

"Saya kira itu menunjukkan mereka tidak yakin, menang urik, urik itu curang. Kalau mereka itu menang ya pesta pora di mana-mana, tapi ini ketemu," kata Amien. (h/cnn)


 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 18 Januari 2020 - 22:06:47 WIB

    Cuma Bikin Ruwet, Pak Amien, Stop Campuri Urusan Kongres PAN

    Cuma Bikin Ruwet, Pak Amien, Stop Campuri Urusan Kongres PAN JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -Salah satu pendiri PAN, Abdillah Toha meminta agar Amien Rais untuk tidak ikut campur dengan urusan sistem demokrasi partai. .
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 13:59:48 WIB

    Wadidaw..! Mahfud Md Siap Sorongkan Kuping untuk Dijewer Amien Rais

    Wadidaw..! Mahfud Md Siap Sorongkan Kuping untuk Dijewer Amien Rais BANDUNG, HARIANHALUAN.COM - Menko Polhukam Mahfud Md menanggapi soal ancaman 'jewer' dari politikus senior PAN Amien Rais. Mahfud menyatakan siap dijewer bila kinerjanya sebagai menteri tak bagus..
  • Selasa, 29 Oktober 2019 - 11:49:53 WIB

    PDIP Ingatkan Amien Rais Soal Janji Jalan Kaki Yogya ke Jakarta

    PDIP Ingatkan Amien Rais Soal Janji Jalan Kaki Yogya ke Jakarta JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais menilai dalam kurun waktu enam bulan, pemerintahan Presiden Joko Widodo haruslah mampu membuktikan kinerjanya. Jika dinilai tak mampu membuktikan kinerjanya, .
  • Rabu, 23 Oktober 2019 - 07:24:52 WIB

    Amien Rais Legowo Prabowo Bantu Jokowi

    Amien Rais Legowo Prabowo Bantu Jokowi JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut sudah bertemu dengan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, setelah bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan..
  • Sabtu, 24 Agustus 2019 - 11:13:48 WIB

    Giliran Amien Rais Minta Tulus ke Jokowi Tunda Pemindahan Ibukota

    Giliran Amien Rais Minta Tulus ke Jokowi Tunda Pemindahan Ibukota JAKARTA, HARIANHALUAN.COM— Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais Amien menilai masih banyak persoalan lain yang lebih mendesak yang mesti diselesaikan negara ketimbang mengurus kepindahan ibu kota y.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM