Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi


Ahad, 21 Juli 2019 - 16:16:26 WIB
Yusuf Lubis Ingin Madrasah Kian Berdaya Saing Tinggi Kakan Kemenag Pasaman, Dedi Wandra memberikan sambutan sebelum acara KSM dibuka resmi oleh Bupati Pasaman, Yusuf Lubis. YUDI
PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis membuka Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Pasaman, di kampus MAN 1 Lubuksikaping, Sabtu (20/7). Ratusan peserta dari berbagai tingkatan madrasah ikut serta dalam kegiatan itu. 
 
Bupati Yusuf Lubis, mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan KSM tersebut. Karena menurutnya, ajang itu dapat dijadikan sebagai wadah untuk menciptakan insan-insan yang baik dan berjiwa sain tinggi. 
 
"Saya bangga bisa hadir dalam acara ini, sehingga bisa menyapa calon-calon pemimpin mendatang. Dan saya juga mendukung secara penuh agar KSM tingkat kabupaten ini terus dilaksanakan setiap tahun," kata Yusuf Lubis mengawali sambutannya. 
 
Ia menambahkan, bahwa KSM juga dapat dijadikan sebagai ajang pengembangan kreatifitasi dan uji kompetisi dikalangan siswa ditingkat madrasah.
 
"Pemda sudah melihat bukti nyata atas keberhasilan siswa-siswi mandrasah, baik di tingkat provinsi maupun nasional," katanya.
 
Ia menjelaskan, saat ini Indonesia sedang memasuki era persaingan bebas, sehingga tidak boleh bangga dengan kekayaan alam saja. Tapi harus didukung SDM yang memadai. KSM adalah ajang yang tepat untuk menjawab hal itu. 
 
"Melalui kompetisi ini, saya berpesan dan berharap, agar penyelanggaraan KSM dapat mendorong generasi yang  menguasai iptek, beriman dan bertaqwa serta menjadi generasi yang taat dan menghormati orang tua," katanya.
 
Dia berharap dengan penyelanggaraan KSM ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas lulusan madrasah, sehingga bisa menjadi ilmuan, ulama, politisi dan lainnya dan harus jujur dan mau berkerja keras.
 
"Selain itu, madrasah juga bisa menjadi benteng pertahanan, sehingga generasi sekarang tidak terlibat narkoba, miras, seks bebas dan prilaku menyimpang lainnya. Sehingga bisa benteng ketahanan NKRI dan keislaman," ujarnya.
 
Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra mengatakan, bahwa kegiatan KSM diikuti sebanyak 263 siswa dari seluruh madrasah di daerah itu. Kegiatan itu, kata dia, merupakan wadah pengembangan kompetensi siswa madrasah di tingkat Kabupaten Pasaman.
 
"Kegiatan ini peminatnya meningkat tajam dari tahun ke tahun. Pada tahun 2019 pesertanya berjumlah 263 orang siswa itu pun harus dibatasi panitia," ujar Dedi Wandra. 
 
Dikatakan, KSM bertujuan untuk mengembangkan potensi kreatifitas siswa madrasah, menumbuhkan watak yang jujur dalam pendidikan dan kompetisi serta membangun budaya kompetisi yang sehat. (h/yud)


Reporter : Yudi Lubis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 18 November 2019 - 14:47:01 WIB

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis Pada Investor

    Inilah Potensi Unggulan Pasaman yang Ditawarkan Yusuf Lubis  Pada Investor PASAMAN, HARIANHALUAN.COM--Bupati Pasaman, Yusuf Lubis tawarkan tiga potensi unggulan daerah itu kepada para calon investor. Kali ini, potensi tersebut ditawarkan kepada para pengusaha Sumatera Utara di Kota Medan. .
  • Sabtu, 10 Agustus 2019 - 15:43:35 WIB

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal

    Besok Pagi, Ustad Yusuf Mansur Jadi Khatib Salat Idul Adha di Masjid Istiqlal JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Umat muslim tanah air merayakan Idul Adha 10 Dzulhijah 1440 H, besok Minggu (11/8). Masjid Istiqlal Jakarta mendatangkan Ustaz Yusuf Mansur sebagai pada salat Id besok..
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 21:04:08 WIB

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan Dihadiri Mufidah Yusuf Kalla

    SISSCA 2019 Sawahlunto akan  Dihadiri  Mufidah Yusuf Kalla SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM– Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta, memastikan Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla, yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Son.
  • Kamis, 11 Juli 2019 - 17:42:17 WIB

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019

    Mufidah Yusuf Kalla Bakal Hadiri SISSCA 2019 SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Istri Wakil Presiden RI, Mufidah Jusuf Kalla yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) bakal hadir dalam ajang Sawahlunto International Songket Silungkang Carnival (SISSCA), awal Septe.
  • Selasa, 02 Juli 2019 - 21:31:18 WIB

    Silaturrahmi Deri Asta–Ali Yusuf, Komitmen Bersama Bangun Sawahlunto

    Silaturrahmi Deri Asta–Ali Yusuf, Komitmen Bersama Bangun Sawahlunto SAWAHLUNTO,HARIANHALUAN.COM-Jika dulu bersaing dalam memperebutkan kursi orang nomor satu di ‘Kota Kuali’, kini dua politisi Kota Sawahlunto sepakat dan berkomitmen, untuk saling bergandengan bersama membangun kota seluas.

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM