DPRD Bahas Revisi Perda Kepariwisataan, Zigo: Agar Pengembangan Lebih Terarah


Ahad, 21 Juli 2019 - 20:52:02 WIB
DPRD Bahas Revisi Perda Kepariwisataan, Zigo: Agar Pengembangan Lebih Terarah Zigo Rolanda

 

PADANG,HARIANHALUAN.COM-Komisi V DPRD Sumbar yang membidangi pariwisata bersama pemerintah provinsi (Pemprov) tengah melakukan pembahasan terhadap revisi peraturan daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2014 tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan. 

Anggota Komisi V DPRD Sumbar, Zigo Rolanda mengatakan, revisi Perda Nomor 3 Tahun 2014 telah masuk pada tahapan pembahasan awal dan penyamaan persepsi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Dasar perubahan aturan ini adalah untuk memasukkan subtansi-subtansi yang belum termuat dalam Perda sebelumnya ke dalam Perda yang direvisi, beberapa diantaranya terkait wisata halal, wisata ekonomi kreatif, wisata geopark, dan wisata berbasis digital," ujar Zigo, Minggu (22/7).

Dalam pembahasan ke depan, lanjutnya, Komisi V akan mengundang kabupaten/kota untuk rapat dengar pendapat dan dimintai masukannya. Kabupaten/kota ikut dilibatkan dalam pembahasan Perda ini, agar hal-hal yang berhubungan dengan pengembangan pariwisata di Sumbar bisa terakomodir dengan baik.

"Harapan kita, ke depan Perda ini bisa jadi regulasi induk yang bisa jadi rujukan  kabupaten/kota melahirkan Perda yang sama. Sehingga ada sinkronisasi dalam regulasi yang dilahirkan," tegas politisi Partai Golkar tersebut.

Anggota DPRD Sumbar asal daerah pemilihan (Dapil) Kabupaten Solok- Solok Selatan dan Kota Solok ini menambahkan, saat revisi Perda Nomor 3 Tahun 2014 rampung dilakukan, pengembangan pariwisata Sumbar akan lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Melalui Perda ini akan didorong juga agar tiap daerah mengembangkan produk dan objek wisata yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian setiap kabupaten/kota memiliki ciri khas masing-masing terkait destinasi wisatanya, tujuan akhir dari semua ini adalah mendorong peningkatan PAD yang bersumber dari pariwisata," tutupnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD Sumbar, Hendra Irwan Rahim menyampaikan, revisi atas Perda Nomor 3 Tahun 2014 tentang pembangunan kepariwisataan bertujuan mengakomodir beberapa kebijakan strategis terkait pengembangan pariwisata di Sumbar.

"Dengan direvisinya Perda Nomor 3 Tahun 2014 maka pengembangan kepariwisataan di Sumbar akan lebih terarah dan akan banyak potensi-potensi lain yang bisa dikembangkan," tegas Hendra. (h/len)

Reporter : LENI MARLINA /  Editor : DODI NJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]