Kursi Ketua DPRD Solsel Akan Diisi Partai Golkar


Senin, 22 Juli 2019 - 17:25:05 WIB
Kursi Ketua DPRD Solsel Akan Diisi Partai Golkar Penandatanganan hasil rapat pleno terbuka oleh komisi KPU. Jefli
SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Tiga Partai Politik (Solsel) di Solok Selatan (Solsel) memperoleh masing-masing empat kursi di DPRD setempat. Pertama, partai Golkar perolehan suara terbanyak 14.674 suara. Kedua, PAN perolehan suara 14.329. Ketiga, partai Gerindra 12.533 suara.
 
Hasil ini sesuai dengan rapat pleno terbuka KPU Solsel tentang penetapan Perolehan kursi Parpol dan calon terpilih anggota DPRD Solsel Pemilu 2019, di Hotel Pesona Alam Sangir (22/7). 
 
Kursi ketua akan diisi Partai Golkar. Kemudian untuk wakil ketua dewan dari PAN dan Gerindra. "Sesuai undang-undang nomor 2 tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD, yang menduduki kursi ketua adalah partai pemenang pemilu. Kalau di kita, peraih suara terbanyak adalah Partai Golkar. Otomatis, ketua DPRD nantinya adalah dari Partai Golkar," kata Ketua KPU Solsel, Nila Puspita didampingi Divisi teknis KPU Solsel, Wilson Chanigo, kepada wartawan sesuai rapat pleno.
 
Adapun anggota DPRD terpilih untuk Dapil 1 Sangir yakni, Golkar dua kursi yakni, Zigo Rolanda dan Afrizal Chandra. Gerindra, David Taster. Nasdem, Musriwal. PKS, Solikhin. PAN, Ade Vernanda dan Demokrat, Dede Pasarela.
 
Untuk Dapil 2 yakni, PAN meraih dua kursi yakni Ali Sabri Abbas dan Mesi Aswanto. PKB, Marwan Effendi. Gerindra, Abu Suib, Golkar, Syafril. Nasdem, Sabri. PKS, Dedi Arisandi. 
 
Untuk Dapil 3 yakni, Gerindra dua kursi, Armen Syahjohan dan Afrinaldi Ali. PKB, Mukhlis. Golkar, Roni Ismaji. Nasdem, Zulfikar. Partai Berkarya, Edi Susanto. PKS, Mon Nofrizal. PPP Afrizal Dt Rajo Jalil. PAN Yendri Susanto. Demokrat, Albert Arifin. PBB Wahyu Hidayat.
 
Ketua KPU Solsel, Nila Puspita, dalam sambutannya pada acara pembukaan sidang pleno, mengatakan setelah pleno penetapan ini, artinya selesai sudah tugas KPU mengantarkan calon anggota DPRD terpilih pemilu 2019 di kabupaten Solsel.
 
Disampaikannya, rencana awal penetapan akan dilakukan pada 4 Juli 2019. Namun, KPU RI meminta penetapan dilakukan setelah proses Buku Register Perkara Konstitusi (BRPK) selesai. Kemudian, KPU RI telah mendapatkan surat dari Mahkamah Konstitusi (MK) yang menjelaskan bahwa telah dibolehkan melakukan tahapan penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih bagi KPU yang tidak memiliki permohonan perselisihan pemilihan umum (PHPU) di MK. Surat MK itu diteruskan oleh KPU RI dengan surat edaran kepada seluruh KPU provinsi dan kabupaten kota pada tanggal 17 Juli 2019.
 
"Dengan begitu, daerah yang tidak bersengketa di MK telah dibolehkan menetapkan calon terpilih. Paling lama lima hari setelah surat KPU RI keluar. KPU Solok Selatan mengambil hari ini, Senin tanggal 22 Juli 2019," katanya.
 
Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kinerja KPU Solok Selatan dan Bawaslu Solok Selatan. Juga terjadap seluruh pihak dan komponen terkait yang telah menyukseskan pemilu. Dalam kesempatan itu, Muzni juga menyampakan ucapan selamat kepada calon terpilih yang akan menduduki kursi DPRD Solsel. (h/jef)

loading...
Reporter : Jefli /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]