Wow Kren! Tinggalkan Permainan Berbahan Plastik,  Anak-anak di TK  Ini Dibawa  Bermain Lumpur 


Selasa, 23 Juli 2019 - 14:07:14 WIB
Wow Kren! Tinggalkan Permainan Berbahan Plastik,  Anak-anak di TK  Ini Dibawa  Bermain Lumpur  Seorang anak TK masuk kolam lumpur untuk bermain lumpur sepuasnya. (abcnews)

PADANG, HARIANHALUAN.COM-Aneka mainan dari plastik  sudah ditinggalkan  sekolah TK  ini,  kini anak-anak malah di bawa bermain lumpur dan pepohonan.

Itulah yang terjadi di sebuah  taman kanak-kanak (TK) di Melbourne, Australia. TK bernama Isabel Henderson Kindergarten di kawasan North Fiztroy, sekitar 6 km dari pusat kota, kini tidak lagi menggunakan mainan dari plastik sehingga murid-murid mereka bisa bermain bebas dengan apa yang tersedia di sekitarnya.

Direktur TK Nicole Messer menjelaskan, dengan menghentikan penggunaan mainan dari plastik, murid-murid tersebut dipaksa untuk berpikir mengenai apa yang bisa mereka lakukan.

"Ini menyangkut ketrampilan hidup, bagaimana mereka bisa membuat cerita, berimajinasi, berada di lingkungan yang tidak bias apapun," kata Messer  seperti dilansir detik.com, Selasa (23/7)

Hal ini justru menjadi tantangan bagi anak-anak yang baru belajar mengenai kehidupan tersebut.

"Alam kadang memang kelihatan seperti tidak bersahabat. Dingin, basah, namun semua itu memaksa kita untuk beradaptasi," tambah Messer.

Dia menjelaskan dengan bermain di luar ruangan anak-anak berusia tiga dan empat tahun tersebut tak lagi bermain dengan mainan yang selalu dikaitkan dengan gender, seperti mainan truk untuk anak laki-laki atau boneka untuk anak perempuan.

"Bermain adalah belajar membangun kemampuan berkomunikasi, juga pengembangan sensori, gerakan motorik, semua ini akan membantu kita dalam kehidupan nantinya," kata Messer lagi.

Children and an adult gather around a table covered in baskets, rope, a sketchbook, and plant samples. 

Salah satu bagian dari tempat bermain di luar ruangan di TK tersebut adalah kolam lumpur dimana anak-anak dibiarkan bermain di sana.

Pada awalnya, menurut Nicole Messer, tidak banyak murid TK yang mau bermain di kolam lumpur.

"Pada awalnya kami melihat anak-anak itu tidak banyak yang mau menyentuh lumpur, ada yang menggunakan dahan untuk menyentuh lumpur karena takut tangannya kotor."

"Kami menganjurkan mereka untuk bermain di sana agar semakin terbiasa."

Ketika ABC mengunjungi TK tersebut, banyak anak-anak yang sedang membuat kue dari tanah dan juga berbagai kegiatan lain.

TK ini juga bekerjasama dengan kelompok aborijin setempat dari suku Wurundjeri untuk mengubah sebuah pabrik yang tidak digunakan lagi menjadi hutan aborijin.

Salah seorang tetua di sana yang juga seorang aktor Jack Charles yang membuka hutan itu mengatakan cara ini tepat untuk mendekatkan anak-anak dengan dunia di sekitarnya.

"Ini akan menjadi pencerahan bagi perkembangan pemikiran anak-anak," katanya.

Charles berharap akan lebih banyak lagi TK dan sekolah yang menggunakan alam sekitar untuk bercerita mengenai sejarah lokal di Australia.(dn/abc)


 Sumber : detik.com /  Editor : DODI NJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 November 2019 - 15:13:06 WIB

    Wow Keren! Rendang Padang Laris Manis di Korea Selatan

    Wow Keren! Rendang Padang Laris Manis di Korea Selatan SEOUL, HARIANHALUAN.COM - Rendang khas Minang turut hadir pada ajang International Fermentation Expo di Area World Cup Stadium Jeonju, Korea Selatan. Ajang itu menjadi kesempatan bagi warga Korea Selatan mencicipi menu olaha.
  • Senin, 21 Oktober 2019 - 19:16:50 WIB

    Wow..! Beauty Influencer Ini Pamer Ribuan Koleksi Lipstik

    Wow..! Beauty Influencer Ini Pamer Ribuan Koleksi Lipstik JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Beauty Influencer Tasya Farasya memamerkan lipstik yang dimilikinya kepada lebih dari 2,5 juta pengikutnya di Instagram. Postingan tersebut membuat para pengikutnya yang sebagian besar wanita takju.
  • Sabtu, 14 September 2019 - 20:06:21 WIB

    Wow..! Kerennya Rombongan Ini Touring dengan Motor Listrik

    Wow..! Kerennya Rombongan Ini Touring dengan Motor Listrik PADANG, HARIANHALUAN.COM – Jajaran manajemen PLN UIW Sumbar melaksanakan touring dengan motor listrik (Molis) Sabtu (14/9). Touring yang dipimpin langsung General Manager, Bambang Dwiyanto mengelilingi Kota Padang..
  • Jumat, 06 September 2019 - 09:55:24 WIB

    Wow Kren! Lubuk Minturun jadi Kampung Floris

    Wow Kren! Lubuk Minturun jadi Kampung Floris PADANG,HARIANHALUAN.COM-- Kawasan Lubuk Minturun, Kota Padang akan ditetapkan sebagai kampung floris pada pelaksanaan Festival Florikultura Indonesia dan Peda Tani 2019 yang digelar 6 sampai 9 September ini. .
  • Selasa, 13 Agustus 2019 - 09:43:17 WIB

    Wow Keren! Pesawat di Jepang Siap Gunakan Bahan Bakar dari 'Cirik' Kelinci

    Wow Keren! Pesawat di Jepang Siap Gunakan Bahan Bakar dari 'Cirik' Kelinci HARIANHALUAN.COM- Kotoran alias 'cirik' kelinci (marmud) bakal diolah dan dipakaimaskapai All Nippon Airways (ANA) dari Jepang untuk bahan bakar pesawat tahun 2021..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM