Membaca 'Pesan' dari Pertemuan Mega-Prabowo, Najmuddin: Jokowi-Ma'ruf Tidak akan Miliki Peran Signifikan


Rabu, 24 Juli 2019 - 20:46:46 WIB
Membaca 'Pesan' dari  Pertemuan Mega-Prabowo, Najmuddin:  Jokowi-Ma'ruf Tidak akan Miliki Peran Signifikan Najmuddin M Rasul PhD

PADANG, HARIANHALUAN.COM- Tak hanya ihwal sesama berbatik, pertemuan Prabowo-Megawati  dinilai sejumlah pengamat sebagai pertemuan sarat makna.Termasuk  bagaimana nanti peran  duet Jokowi-Ma'ruf Amin. 

Pengamat politik  dan komunikasi dari Unand  Najmuddin M Rasul PhD  menyatakan,  pertemuan Mega-Prabowo  adalah pertemuan dua tokoh kunci.

"Ya itu pertemuan tokoh kunci,  dan pemeran utama yang menentukan kontestasi politik dan kekuasaan di kurun  2019 hingga 2024," ujarnya menjawab harianhaluan.com, Rabu malam (24/7).

Menurut Najmuddin,  peran pemenang Pilpres Jokowi  diperkirakan hanya 'petugas'. Demikian halnya dengan Ma'ruf Amin,  Najmudin memprediksi  tidak akan memiliki peran significant. 

Kenapa demikian, "Ma'ruf diduga  tidak memiliki kemampuan yang significant dalam mengurus negara," ulasnya.

Pertemuan kedua tokoh itu menurut Najmuddin, juga mengisaratkan penyusunan kabinet mendatang akan  diwarnai kepentingan politik Mega-Prabowo,  termasuk  agenda 2025 (Pilpres-red)

"Juga patut diduga, pertemuan itu  sarat deal-deal politi, termasuk kasus hukum ulama dan HRS," ungkapnya.

Lalu, pasca Prabowo ke rumah Megawati  apakah kembali  medsos akan banjir kritik kekecewaan  pendukung 02 atas  Prabowo?. "Tergantung kedewasaan politik, dan kercedasan menyikapi," ujarnya.

Menurut Najmuddin, Pendukung 02 mesti memahami politik dengan  baik.  Dia menyatakan,  politik tujuannya bagaimana memiliki pengaruh dalam urusan negara. 

"Pemilu itu salahsatu sarana. Jika kalah dalam pemilu, maka elit dan aktor politik akan melakukan langkah kedua ini, antara lain seperti pertemuan tadi siang," urainya.  

Namun langkah ini bukan berarti kalah. Oleh sebab itu, kata dia,  pendukung 02 tidak perlu kecewa.

"Di sinilah bentuk kematangan berpolitik Prabowo dan timnya," pungkas Najmuddin.

Seperti dikutip dari kompas,  Pertemuan Megawati-Prabowo  terlaksana di kediaman Megawati,  jalan Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu siang (24/7/2019).

Dalam pertemuan itu, Prabowo didampingi Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani dan Ketua DPP Partai Gerindra Edhy Prabowo. 

Sementara, Megawati langsung didampingi dua politisi PDI-P yang juga anak Megawati, yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo.

Juga tampak Kepala BIN Budi Gunawan, Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, dan politisi PDI-P Pramono Anung. (dn/kps)


 Sumber : Kompas.com /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM