Mengenal CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq: Sang Striker yang Kini ‘Merumput’ Kembali


Kamis, 25 Juli 2019 - 16:28:04 WIB
Mengenal CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq: Sang Striker yang Kini ‘Merumput’ Kembali CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq

PADANG, HARIANHALUAN.COM- CEO Semen Padang FC yang baru, Hasfi Rafiq resmi menukangi tim menggantikan, Rinold Thamrin yang mendapat penugasan baru dari PT. Semen Padang. Hasfi Rafiq ditetapkan oleh managemen PT. Semen Padang untuk memimpin PT. Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) mulai dari Senin (22/7/2019).

Hasfi Rafiq sendiri bukan orang baru disepakbola dan tim Semen Padang FC. Kepala unit Managemen PT Semen Padang ini pernah menjabat sebagai manajer Semen Padang U-18 dan membawa tim ke final Piala Suratin. Selain itu, Hasfi Rafiq juga pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum tim Semen Padang FC.

”Dulu saya bersama tim juga ada Weliansyah dan Nil Maizar. Kita antar tim kepartai final dan bermain dibandung, kita juga mengalahkan Persib waktu itu. Ini pengalaman singkat saya membawa tim junior dan nyaris juara nasional,”ujar mantan Kabiro Humas itu.

"Di tim senior saya menjadi sekretaris umum tim selama dua tahun. Mulai dari 2007 sampai dengan 2009," tambahnya.

Hasfi Rafiq juga menambahkan, meski lebih banyak bergelut di PT. Semen Padang sebelumnya, sepakbola tetap menjadi salah satu olahraga yang menjadi perhatian dan hobbynya.

"Saya ini juga pernah menjadi pemain bola dulunya. Posisi saya striker. Itu kiper legenda kita (Trisno Affandi) pernah saya jebol gawangnya," sebutnya.

‘Sang Striker kembali merumput’, begitulah berbicara Hasfi Rafiq yang kembali ditugaskan mengurus klub Semen Padang FC ini.

Hasfi Rafiq sendiri mulai berkarir di PT. Semen Padang sejak tahun 1995 sebagai staf proyek Indarung V. Semenjak itu karir Hasfi terus menanjak bersama PT. Semen Padang. Itu terbukti dari beberapa posisi penting yang diisi. Mulai dari kepala biro humas, kepala biro unit GCG sampai dengan jabatan sekarang kepala biro sistem managemen PT. Semen Padang.

"Saya dulu kepala Biro Humas sebelum bapak Daconi yang juga pernah menangani tim," sebutnya.

Saat ini, Hasfi Rafiq diberi tugas berat untuk memimpin perjalanan Irsyad Maulana dkk. Meski diakui ini tugas berat, Hasfi Rafiq menyebut ini sebuah tantangan yang harus diemban.

"Saya ditunjuk juga bukan karena managemen sebelumnya gagal, tidak. Itu yang perlu digaris bawahi. Penunjukan ini karena Pak Rinold harus fokus di PT. Semen Padang dan juga tim butuh seorang yang fokus juga untuk tim. Dan penunjukan saya dipastikan saya akan 'full' bersama tim tanpa ada rangkap jabatan lagi. Untuk itu mohon masukan dan saran kepada saya untuk tim ini lebih baik kedepan" sambungnya.

Untuk awal-awal saat ini fokusnya selaku managemen adalah kembali membangkitkan motivasi dan kepercayaan diri pemain agar mampu bermain maksimal.

"Saya baru tiga hari disini setelah penunjukan resmi. Langkah awal yang akan kita tatap adalah laga melawan Persebaya Surabaya (28/7) nanti. Semua kita disini sepakat kita harus meraih kemenangan untuk bangkit. Saya sudah menemui pemain dalam latihan dan memberikan suntikan motivasi kepada tim." tutupnya. 

Biodata CEO Semen Padang FC, Hasfi Rafiq
Nama Lengkap: Hasfi Rafiq
Tempat Lahir: Balai Selasa
Tanggal Lahir: 06 Oktober 1970
Jabatan Terakhir : Ka. Biro Sistem Managemen PT. Semen Padang

Karir PT. Semen Padang:
1995 - 1998 : Staf Proyek Indarung V
1998 - 2007 : Staf Departemen Litbang
2007 - 2009 : Ka. Biro Humas PT. Semen Padang
2009 : Staf Departemen Litbang 
2009 - 2015 : Ka. Biro GCG & MR
2015 - 2017 : Ka. Biro Analisis dan Pengelolaan Kinerja
2018 - 2019 : Ka. Biro Sistem Managemen

Karir Semen Padang FC:
2003 - 2004 : Manager Tim Suratin U18
2007 - 2009 : Sekretaris Umum PS. Semen Padang


Reporter : FT /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM