PDAM Lubuk Sikaping Rugi Hingga Rp10 M


Kamis, 25 Juli 2019 - 16:42:57 WIB
PDAM Lubuk Sikaping Rugi Hingga Rp10 M ilustrasi

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM - Terus merugi setiap tahunnya, Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, memastikan akan melakukan evaluasi secara menyeluruh terhadap pimpinan dan seluruh personel di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Dharma Lubuksikaping.

 

"Terhadap personil di PDAM, perlu dilakukan evaluasi secara menyuluruh baik secara kualitas, kuantitas, maupun secara kompetensi," kata Yusuf Lubis, dalam rapat paripurna DPRD, baru-baru ini.

 

Dikatakan, evaluasi tersebut mutlak dilakukan demi terwujudnya penyediaan air bersih bagi pelanggan dan terciptanya peningkatan kualitas pelayanan PDAM di Kabupaten Pasaman.

 

"Ini penting kita lakukan. Sebab, hingga saat ini tunggakan rekening pelanggan PDAM mencapai Rp10,776 miliar. Angka yang tidak sedikit jumlahnya," katanya.

 

Dikatakan, PDAM telah berupaya melakukan percepatan penagihan ke pelanggan yang menunggak pembayaran rekening air. Bahkan, kata dia, pihak PDAM juga sudah menyurati pelanggan agar segera melakukan pelunasan tunggakan.

 

"Terhadap jumlah tunggakan itu telah dilakukan upaya penagihan secara berkelanjutan berupa melayangkan surat teguran bagi pelanggan yang memiliki tunggakan diatas tiga bulan," katanya.

 

Langkah selanjutnya, kata Yusuf Lubis, melakukan pemutusan sambungan bagi pelanggan yang tetap tidak melakukan pembayaran, meskipun upaya penagihan langsung ke rumah pelanggan sudah dilakukan.

 

"PDAM sudah melakukan pemutusan sambungan air. Ini upaya terakhir untuk menertibkan pelanggan tetap membayar rekening tagihan air tepat pada waktunya," katanya.

 

Bagi tunggakan yang sudah non aktif, dan tidak mungkin ditagih lagi, Bupati Yusuf Lubis mengusulkan untuk dilakukan pemutihan piutang. Namun harus dengan sejumlah syarat dan ketentuan.

 

"Namun, apabila pelanggan tersebut melakukan penyambungan kembali, harus membayar seluruh kewajibannya terlebih dahulu," katanya.

 

Bupati menambahkan, PDAM akan terus meningkatkan upaya penagihan untuk memperkecil jumlah tunggakan rekening pelanggan. Sehingga, kerugian yang mendera perusahaan milik daerah itu dapat teratasi.

 

"Sehubungan dengan kondisi pelayanan dan menurunnya kualitas air PDAM, perlu dilakukan evaluasi total terhadap sarana dan prasarana yang ada, khususnya jaringan dalam kota yang tentu saja membutuhkan dana yang tidak sedikit," ujarnya. (h/yud)

 


Reporter : Yudi Lubis /  Editor : HSP


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

BERITA TERPOPULER Index »

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM