Mahasiswa KKN ISI Padang Panjang-IAIN Bukitinggi Bakal Adakan Pagelaran Seni di Pasbar


Kamis, 25 Juli 2019 - 17:01:09 WIB
Mahasiswa KKN  ISI Padang Panjang-IAIN Bukitinggi Bakal Adakan Pagelaran Seni di Pasbar Mahasiswa KKN ISI Padang Panjang dan IAIN Bukittinggi foto bersama dengan pemuda setempat. Osniwati
PASBAR, HARIANHALUAN.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang dan IAIN Bukitinggi bekerjasama dengan Persatuan Pemuda Pemudi Simpang Tigo Alin (Popesta) Nagari Muara Kiawai Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) akan menggadakan pagelaran seni pada tanggal 3 Agustus mendatang.
 
Pagelaran seni yang akan  digelar diberi tajuk "Rono Ranah Simpang Tigo" yang berarti rupa daerah Simpang Tigo Alin sebagai suatu jorong ( desa adat) di Kabupaten Pasbar yang telah digali potensinya melalui karya seni. 
 
"Kami melihat ada potensi yang besar di bidang seni. Antusias yang tinggi dari masyarakat dari berbagai kalangan untuk belajar seni juga sangat tinggi. Ada dari kalangan Ibu-Ibu majelis taklim, guru, anak-anak dan pemuda. Potensi tersebut ada, dan sangat besar, namun belum tersalurkan dengan baik," kata salah satu mahasiswa KKN ISI Padang Panjang, M. Fauzul saat dijumpai wartawan di Posko KKN Jorong Simpang Tigo Alin, Selasa (23/7) malam.
 
Fauzul menjelaskan, dirinya bersama rekan-rekan mahasiswa KKN lainnya sangat takjub melihat kondisi masyarakat yang ada. Masyarakat memiliki minat dan semangat yang tinggi di dalam berkesenian, oleh sebab itu, mahasiswa KKN hadir untuk memberikan ilmu yang ada kepada masyarakat untuk kemudian dikembangkan.
 
"Kami hadir bukan untuk mengajarkan sebuah kesenian baru, karena setiap daerah itu memiliki kearifan lokalnya masing-masing. Kami hanya melihat potensi yang ada untuk kemudian dikemas dan dimunculkan kepermukaan," sebut Faul.
 
Rencananya, lanjutnya pagelaran seni yang akan dilangsungkan nantinya akan diisi dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya seperti pameran seni rupa, pertunjukan tari, randai, musik tradisi, dendang, silek, parade puisi dan monolog yang akan dibawakan oleh mahasiswa KKN dan masyarakat setempat.
 
"Alhamdulillah kita dapat dukungan yang penuh dari pemuda, masyarakat dan segenap aparatur pemerintahan yang ada. Meskipun awalnya dirasa akan sangat sulit untuk menyelenggarakan even ini karena berbagai keterbatasan yang ada. Akan tetapi berkat dukungan dan semangat dari pemuda kita siap untuk menghelat pentas kesenian yang berkesan nantinya," pungkas Faul.
 
Dalam kesempatan yang sama, Ketua Popesta, Hamdiko berharap dukungan semua pihak akan penyelenggaraan even tersebut agar dapat berjalan dengan sukses dan lancar nantinya. 
 
"Kita harapkan dukungan semua pihak baik itu dari unsur pemerintahan dan tokoh masyarakat untuk kesuksesan acara ini. Semoga tidak ada kendala yang begitu berarti dan masyarakat bisa terhibur. Kegiatan ini harus sukses dan kesenian daerah harus dipacu terus kemajuannya" ungkap Diko.(h/ows)

Reporter : Osniwati /  Editor : HSP

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]