Turnamen RSC, Tim Futsal Pra PON Sumbar Melaju Final


Jumat, 26 Juli 2019 - 23:47:42 WIB
Turnamen RSC, Tim Futsal Pra PON Sumbar Melaju Final Tim futsal Pra PON Sumbar dan PON Papua foto bersama sebelum pertandingan babak semifinal Rafhely Specs Cup dimulai, Jumat (26/7). Tim Pra PON Sumbar menang melalui adu penalti dengan skor 5-4. IST

PADANG,HARIANHALUAN.COM—Tim futsal Pra PON Sumatera Barat (Sumbar) berhasil melaju ke babak final turnamen Rafhely Specs Cup (RSC) dengan susah payah. Tim futsal Pra PON Sumbar melaju ke babak final setelah mengalahkan tim PON Papua melalui adu penalti dengan skor 5-4, di lapangan Rafhley By Pass Padang, Jumat (26/7). Dalam waktu normal plus perpanjang waktu kedua tim bermain imbang 3-3.

Di babak final tim futsal Pra PON Sumbar akan menghadapi tim Pra PON Lampung yang sukses mengalahkan Pra PON DKI dengan skor 3-1 di pertandingan semifinal kedua. Babak final akan digelar pada Sabtu (27/7) di Lapangan futsal Rafhely By Pass Padang mulai pukul 13.00 WIB.

Laga semifinal antara Sumbar dengan Papua berlangsung sangat menarik. Sejak pertandingan dimulai kedua tim silih berganti melakukan tekanan. Sumbar unggul lebih dulu menit ke-2 lewat aksi Febi Perdana memanfaatkan kelengahan lini belakang Papua.

Tertinggal satu gol Papua lebih meningkatkan daya serangannya. Tim PON Papua mampu menyamakan kedudukan lewat aksi Jean Kbarek menit ke-14. Terkejut dengan gol balasan Papua itu, para pemain Sumbar kembali memberanikan diri keluar menyerang. Hingga turun minum kedudukan 1-1 tetap bertahan.

Di babak kedua, adu strategi terjadi di kedua tim. Namun, Sumbar kembali unggul di menit ke-24 lewat aksi Afis Yunanda, tapi satu menit berselang, Papua kembali sukses menyamakan kedudukan 2-2 berkat gol Christian J Mahule.

Dalam kedudukan 2-2, Sumbar merubah pola permainannya dengan lebih banyak memainkan bola di daerah pertahanan dengan melakukan serangan balik. Strategi Sumbar itu kembali sukses membobol jala Papua untuk ketiga kalinya. Di mana gol itu dipersembahkan Febi Perdana menit ke-37.


Namun, keunggulan Sumbar sirna di 30 detik terakhir, Papua mampu menyamakan kedudukan 3-3 berkat gol, Marcel P Irew. Sesuai aturan maka pertandingan dilanjutkan tambahan waktu. Dalam tambahan waktu 3 X 2 ini kedudukan 3-3 tetap bertahan, kendari kedua tim silih berhanti menciptakan peluang. Pertandingan pun dilanjutkan dengan adua penalti. Dalam tendangan adu penalti itu, dua dari tiga penendang Sumbar yakni Youmil Abdanu dan Rizky Admayudi sukses menyelesaikan tugasnya.

Sementara tim PON Papua hanya satu penendang yang berhasil menjalankan tugasnya dengan sempurna yakni Rivaldo C Arim. Sedangkan dua penendang lagi yakni, Piter E Masriat dan FX Yosep Mikus gagal memperdaya penjaga gawang Sumbar

Direktur teknik tim futsal Pra PON Sumbar Qusmaini mengatakan kunci kemenangan anak asuhnya adalah para pemain bermain dengan hati. “Mereka bermain dengan hati karena membawa nama Sumatera Barat. Makanya mereka tidak mau kalah dalam pertandingan tersebut,” ujar Qusmaini usai pertandingan.

Lebih jauh dijelaskan oleh Qusmaini kalau pada laga semifinal tersebut dirinya sedikit mengubah strategi permainan dari biasanya. “Pada tim dua saya lebih menekankan ke pertahanan. Hal itu karena fisik kami yang kalah dari Papua. Pada pertandingan babak final nanti kami akan bermain dengan strategi dan gaya bermain yang biasa,” sebutnya.(h/san)


Reporter : SANI /  Editor : DNJ


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM