Tiga Pengedar Sabu Diamankan Tim Satnarkoba Tanah Datar


Sabtu, 27 Juli 2019 - 18:46:32 WIB
Tiga Pengedar Sabu Diamankan Tim Satnarkoba Tanah Datar TIGA tersangka penyalahgunaan narkotika ditahan Polres Tanah Datar. FERI MAULANA

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Satuan Reserse Narkoba Polres Tanah Datar membekuk tiga orang tersangka Narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu. Sementara satu orang tersangka lain berhasil melarikan diri. Penangkapan dilakukan tengah malam, Kamis (25/7), sekitar pukul 23. 00 WIB.

Penangkapan yang dipimpin Kasat Resnarkoba Iptu Yadi Purnama tersebut menggerebek tersangka di Jorong Pasar Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum.

Ketiga orang itu diantaranya Muhammad Mukti panggilan Mukti, (20), warga Jorong Pasar  Nagari Baringin, Lima Kaum. Kemudian Muhammad Reza Putra Pangilan Reza (19) warga Jorong 1 Sungayang Nagari Sungayang dan Nofrian Syahputra Panggilan Nop (21) warga Pincuaran Tujuh Nagari Baringin, Lima Kaum.

Dari penangkapan itu, polisi juga mengamankan dua paket Narkotika golongan I jenis sabu yang dibungkus plastik bening, dua set alat hisap sabu atau bong, dua buah mancis dan satu buah kotak rokok merek Sampoerna warna putih sebagai barang bukti.

Dikatakan Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas melalui Kasat Resnarkoba Iptu Yadi Purnama, saat penangkapan juga disaksikan tiga wali jorong di masing-masing tempat penangkapan tersebut, ujar Kasat

"Ini berawal atas informasi dari masyarakat bahwa para tersangka sering mengedarkan dan menggunakan Narkotika jenis sabu di Jorong Pasar Nagari Baringin, untuk menindak lanjuti informasi itu petugas langsung melakukan penyelidikan, kemudian pada Kamis (25/7) sekira pukul 23. 00 WIB petugas melihat tersangka dan dua temannya sedang berada di lokasi, kemudian petugas langsung mengamankannya dan pada saat penangkapan tersangka Mukti membuang barang bukti yang diduga sabu,  setelah dilakukan penggeledahan badan serta di sekitar lokasi penangkapan petugas menemukan satu paket Narkotika jenis sabu serta di temukan satu set alat hisap Narkotika jenis sabu.

Lalu berdasarkan keterangan dari Mukti dan kawannya, bahwa narkotika jenis sabu tersebut dibeli dari seorang laki-laki BA, yang merupakan PNS Pemkab Tanah Datar, selanjutnya  petugas melakukan pengembangan ke rumah kontrakan BA tersebut di Pasar Jorong Malana Ponco, Baringin, namun yang bersangkutan tidak berada di kostnya (melarikan diri)," ujar Yadi Dijelaskan Kasat Yadi Purnama, dengan didampingi Wali Jorong Malana Ponco serta warga setempat, petugas  melakukan penggeledahan ke dalam rumah kontrakan BA dan di dalam rumah ditemukan satu paket sabu dalam kotak rokok Sampoerna, juga ditemukan satu set bong.

Penangkapan juga dibantu anggota unit Opsnal  Satreskrim Polres Tanah Datar.

Kemudian tiga tersangka dan barang bukti dibawa ke Mapolres Tanah Datar guna proses penyidikan selanjutnya.

Ketiga tersangka dijerat dengan pasal 112 (1) jo 127 (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika. (h/fma)

 

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : HSP
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]