Koperasi Sumbar Mampu Ciptakan 8.000 Lapangan Pekerjaan


Ahad, 28 Juli 2019 - 20:50:04 WIB
Koperasi Sumbar Mampu Ciptakan 8.000 Lapangan Pekerjaan Peresmian gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) Sumbar.DANI

PADANG, HARIANHALUAN.COM — Terhitung hingga Desember 2018, total koperasi yang ada di Sumbar mencapai 3.624 unit, dengan jumlah anggota sekitar 600.000 orang. Dengan jumlah sebanyak ini, koperasi diklaim telah berhasil menciptakan 8.000 lapangan pekerjaan di Sumbar.

"Pertumbuhan koperasi di Sumbar busa dibilang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir. Dan keberadaan koperasi tentunya telah sangat membantu pemerintah daerah dalam mengurangi tingkat pengangguran sekaligus menyediakan lapangan pekerjaan, khususnya bagi penduduk usia produktif," ujar Pengurus Dewan Koperasi Wilayah Indonesia (Dekopin) Sumbar, Mirwan Pulungan usai peresmian gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) Sumbar di Ulak Karang, Kota Padang, Sabtu (27/7).

Ia mengatakan, 12,33 persen dari total keseluruhan koperasi yang ada di Sumbar, telah mempunyai volume usaha di atas 2 miliar. Hal ini, menurutnya, menunjukkan bahwa koperasi mampu mengembangan bisnis yang berbasis kemasyarakatan dengan jalan membangun ekonomi masyarakat di tingkat akar rumput.

"Namun di era industri 4.0, tantangan yang mesti dihadapi koperasi menjadi semakin rumit. Perkembangan teknologi informasi yang pesat menuntut insan koperasi untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menata dan mengelola koperasi," tuturnya.

Di sisi lain, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menyebut, berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, dari seluruh koperasi yang ada di Sumbar hanya 10-20 persen saja yang masih eksis.

"Harapan kami ke depan, tidak ada kata terlambat untuk mengembangkan koperasi di Sumbar. Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan terus koperasi agar semakin maju dan jaya, sehingga pda gilirannya nanti dapat menyejahterakan seluruh masyarakat," ucapnya. (h/mg-dan)

Reporter : DANI /  Editor : DNJ
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]