Harga Masih Tinggi, Warga Padang Diimbau Kurangi Konsumsi Cabai


Ahad, 28 Juli 2019 - 22:17:07 WIB
Harga Masih Tinggi, Warga Padang Diimbau Kurangi Konsumsi Cabai Masakan sehari-hari warga Padang yang semuanya menunya menggunakan bahan cabai. dok/ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Terkait masih tingginya harga cabai merah, Dinas Perdagangan mengaku sampai saat ini masih menunggu arahan dari pusat. Hal tersebut, dikatakannya karena sudah menjadi isu nasional.

Kepala Dinas Perdagangan Endrizal, Sabtu (27/7) menuturkan bahwa karena isu nasional masih menunggu arahan pusat. Ia meminta supaya masyarakat bisa mengatur konsumsi cabai sementara waktu.

"Masalahnya ini sudah nasional, jadi pasokan dari manapun harga tetap tinggi. Yang bisa kami lakukan saat ini tetap menunggu arahan pusat. Sembari itu, kami juga mengimbau supaya masyarakat bisa mengurangi penggunaan cabai merah," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk program jangka menengah pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan petani. Supaya hasil tani jangan sampai lepas ke luar daerah.

"Mulai saat ini hingga ke depan diharapkan hasil panen daerah kita tidak di jual ke depan. Selain itu, diminta juga kepada masyarakat supaya bisa menggunakan hasil panen lokal sendiri. Karena selama ini banyak masyarakat kita yang suka barang atau cabai asal Jawa," tutur Endrizal.

Hasil pantauan Haluan (group Harianhaluan.com), Sabtu (27/7) di Pasar Alai Padang, harga cabai masih tinggi yaitu dari Rp60.000-Rp70.000 per kg. Harga tersebut sudah berlangsung sekitar satu bulan ini.

Salah seorang pedagang sembako Al mengaku mulai mendapatkan pasokan cabai merah lokal dengan harga yang sedikit murah. Harga cabai lokal tersebut memang selalu mengiringi harga cabai daerah luar seperti cabai Jawa.

"Saat ini harga jual cabai lokal bisa Rp60.000 per kg, namun untuk cabai asal Jawa masih bertahan dengan harga Rp68.000 sampai Rp70.000 per kg (tergantung kualitas)," terang Al. (*)


 Sumber : Winda /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 24 Juli 2019 - 22:29:30 WIB

    Kota Padang Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Dan Puskesmas Ramah Anak

    Kota Padang Kembali Raih Penghargaan Kota Layak Anak Dan Puskesmas Ramah Anak PADANG, HARIANHALUAN.COM- Pemerintah Kota Padang terus menunjukkan komitmen dan kepedulian dalam memenuhi hak dan perlindungan anak. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut Kota Padang meraih penghargaan Kota Layak Anak (.
  • Jumat, 12 Juli 2019 - 22:42:11 WIB

    Antisipasi Gejolak Harga, Pemko Padang Bersama TTI Gelar Operasi Pasar Cabai

    Antisipasi Gejolak Harga, Pemko Padang Bersama TTI Gelar Operasi Pasar Cabai PADANG, HALUAN -- Untuk mengatasi tingginya harga cabai, Pemko Padang bekerja sama dengan Pemprov Sumbar melalui Tokoh Tani Indonesia (TTI) akan menggelar operasi pasar cabai, di Bypass pada Rabu (17/07). Pada pelaksanaan ope.
  • Kamis, 04 April 2019 - 17:51:13 WIB

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga

    Jelang Ramadan, Pemko Diminta Antisipasi Lonjakan Harga PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Jelang bulan Ramadan, pemerintah untuk menstabilkan harga kebutuhan pokok. Pasalnya, bakal mengalami kenaikan secara perlahan, sehingga perlu mendapat perhatian pemerintah..
  • Jumat, 08 September 2017 - 01:07:42 WIB

    Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah

    Hargai Sejarah, Tugu Permindo Dipergagah PADANG, HALUAN--Sejarah memang tak akan berulang lagi. Namun sejarah memiliki arti penting dan mesti dihargai. Mungkin karena itu pula agaknya, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Padang mencinta.
  • Rabu, 28 Desember 2016 - 02:00:53 WIB

    SP Kembali Raih Penghargaan Lingkungan Hidup

    SP Kembali Raih Penghargaan Lingkungan Hidup PADANG, HALUAN — Se­telah sukses mendapatkan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Ke­hu­tanan pada 7 Desember 2016, PT Semen Padang kembali meraih penghargaan di bi­dang lingkungan. Kali ini, berupa Apresi.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM