Layani Pemotongan Hewan Kurban, RPH Padang Tetap Buka pada Idul Adha


Ahad, 28 Juli 2019 - 22:26:19 WIB
Layani Pemotongan Hewan Kurban, RPH Padang Tetap Buka pada Idul Adha Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM – Rumah Pemotongan Hewan (RPH) di Kota Padang, yakni Air Pacah dan Lubuk Buaya dipastikan akan buka pada saat Hari Raya Idul Adha dan tetap melayani orang atau pun masjid yang ingin memotong hewan kurbannya di RPH tersebut.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kota Padang, Sofia Hariani mengatakan, setiap tahunnya RPH memang selalu dibuka saat Hari Raya Idul Adha agar masyarakat atau pun pengurus masjid dapat memotong hewan kurban di RPH.

"Setiap tahunnya itu memang selalu ada masjid yang ingin hewan kurbannya di potong di RPH. Sebab memotong hewan kurban di RPH sudah sesuai standar dan bersertifikasi halal," katanya, kemarin.

Ia mengatakan, dengan memotong hewan kurban di RPH akan dijamin keutuhan, kehigienisan dan kehalalan dari daging potong tersebut. Sebab, RPH telah dilengkapi peralatan yang sesuai standar dan pemotong hewan yang juga sudah profesional.

"Halal itu karena di RPH telah melakukan pemotongan sesuai dengan syarat dari agama islam. Serta di RPH juga sudah ada peralatan dimana sapi tidak akan tersiksa sebelum disembelih," katanya.

Setiap harinya, kata Sofia, RPH baru dapat menampung atau menyembelih 40 ekor hewan. Namun, pihaknya masih terus melakukan pembenahan-pembenahan untuk RPH sehingga nantinya dpaat menampung 100 ekor setiap harinya.

"Memang saat ini kami terus melakukan pembenahan di semua RPH yang ada di Kota Padang. Kalau target memang diharapkan RPH dapat mentembelih atau menampung 100 ekor sapi setiap hari," sebutnya.

Sebelumnya, Sofia mengatakan, tahun ini Dinas Pertanian Kota Padang akan kembali melakukan pemeriksaan hewan. Sekitar 2.400 sampai 2.500 ekor hewan kurban dari 11 kecamatan di Kota Padang. hewan kurban yang diperiksa tersebut hanya berkisar 20 persen dari angka kebutuhan hewan ternak kurban.

"Kenapa hanya bisa 20 persen, karena kebanyakan hewan kurban berasal dari luar daerah, hal itu tidak terlepas dari Kota Padang yang baru mampu menyediakan 20 persen dari kebutuhan," katanya, kemarin.

Ia mengatakan, setiap tahunnya angka hewan ternak kurban meningkat sebanyak lima persen dibanding tahun sebelumnya. Yang mana pada tahun lalu umlah hewan kurban di Kota Padang berkisar antara 8900 ekor.

"Kalau memang tahun ini naik lagi sebesar lima persen, berarti kebutuhan kita itu ekitar 9000 ekor,” sebutnya. (*)


Reporter : Akmal /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 27 Desember 2018 - 11:19:55 WIB

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani 

    Tahun Baru, Puskesmas Diminta Tetap Melayani  PADANG, HARIANHALUAN.COM -- DPRD Kota Padang meminta kantor pelayanan kesehatan, seperti puskesmas dan unit lainnya tetap buka pada saat Tahun Baru 2019. Hal tersebut diutarakan Anggota Komisi III DPRD Kota Padang, Arpendi..
  • Senin, 10 April 2017 - 10:19:41 WIB

    Imigrasi Hanya Mampu Layani 150 Pemohon Per Hari

    PADANG, HALUAN – Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang, Esti Winahyu Nur Handayani, mengatakan, Kantor Imigrasi Kelas 1 Padang hanya mampu menampung 150 orang pengajuan paspor per harinya. Sementara pengajuan untuk pembuata.
  • Jumat, 05 Agustus 2016 - 13:37:29 WIB

    Warnet Tak Layani Siswa Berpakaian Sekolah

    Warnet Tak Layani Siswa Berpakaian Sekolah PADANG, HALUAN — Beberapa Warung Internet (Warnet) di Kota Padang melarang siswa berpakaian sekolah datang ke warnet saat proses pembelajaran berlangsung..
  • Senin, 04 Juli 2016 - 13:45:09 WIB

    Selama Lebaran, Bus Transpadang Tetap Melayani Penumpang

    Selama Lebaran, Bus Transpadang Tetap Melayani Penumpang PADANG, HALUAN--Transpadang dipastikan tetap beroperasi normal selama musim lebaran. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dishubkominfo kota Padang, Dedi Henidal, saat dihubungi Haluan beberapa saat lalu..
  • Senin, 27 Juni 2016 - 18:17:08 WIB

    Bank Nagari Cabang Siteba Layani Penukaran Uang Baru

    Bank Nagari Cabang Siteba Layani Penukaran Uang Baru PADANG, HALUAN – Sejak pertengahan Ramadan, Bank Nagari Siteba, melayani aktivitas penukaran uang ‘baru’. Namun, peminatnya ternyata belum terlalu banyak..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM