Wow Keren! Indahnya Langit di Kota Ini Saat Musim Panen Tembakau


Ahad, 28 Juli 2019 - 23:54:55 WIB
Wow Keren! Indahnya Langit di Kota Ini Saat Musim Panen Tembakau Beginilah semaraknya Festival Balon Udara di Wonosobo yang digelar masyarakat setempat dalam rangka panen raya tembakau. dok/ist

WONOSOBO, HARIANHALUAN.COM – Langit Wonosobo mendadak meriah dengan pemandangan balon-balon besar berterbangan di udara. Desainnya pun beragam dengan motif batik corak warna-warni.

Meriahnya langit Wonosobo menggambarkan kehidupan masyarakatnya yang sedang bersyukur gembira menyambut panen tembakau.

Ya, festival balon udara merupakan cara unik petani tembakau di Desa Reco Kecamatan Kertek, Wonosobo dalam menyambut panen raya tahun ini. Cara ini sedikit berbeda dibandingkan sebelumnya.

Sedikitnya ada 46 balon udara yang diterbangkan di lapangan Desa Reco, Minggu (28/7/2019). Balon udara ini diterbangkan dengan ditambatkan menggunakan tali, sehingga tidak mengganggu jalur penerbangan.

Salah satu panitia festival balon udara Dwi Subagyo mengatakan penerbangan balon udara ini untuk menyambut panen raya tembakau di Desa Reco. Biasanya, panen akan mulai awal Bulan Agustus besok.

"Festival balon udara ini untuk menyambut panen raya tembakau, khususnya di petani tembakau yang ada di Desa Reco," ujarnya usai festival balon udara, Minggu (28/7/2019).

Perayaan ini baru pertama kali dilakukan. Namun demikian, menurut Dwi festival ini akan digelar tiap tahunnya, yakni menjelang panen raya tembakau. Hal tersebut menjadi penanda kegembiraan para petani tembakau.

"Festival ini yang pertama, tetapi kami berencana akan menggelar tiap tahun untuk menyambut panen raya," tuturnya.

Selain itu, ia berharap dengan adanya festival balon udara ini mampu mengembalikan harga tembakau seperti tahun 2011 lalu. Saat itu, harga tembakau bisa mencapai Rp 100 ribu per kilogram.

"Dulu per kilogramnya bisa Rp 100 ribu bahkan lebih. Kalau sekarang berkisar Rp 60 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram. Makanya kami berharap harga tembakau bisa kembali seperti di tahun 2011," harapnya. (*)


 Sumber : detik.com /  Editor : DavidR


Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com
BERITA TERKAIT

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]




TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 09 Agustus 2019 - 08:09:54 WIB

    Wow...! Cantiknya Batu Berwarna-warni di Objek Wisata Ini

    Wow...! Cantiknya Batu Berwarna-warni di Objek Wisata Ini PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM – Pengunjung sedang menikmati keindahan objek wisata di kawasan Pantai Kata, Pariaman, Rabu (7/8). Di kawasan objek wisata tersebut terdapat gundukan batu warna warni yang dicat atas inisiatif dar.
  • Jumat, 02 Agustus 2019 - 08:19:41 WIB

    Wow Indahnya! Ternyata Banyak yang Baru di Bukittinggi

    Wow Indahnya! Ternyata Banyak yang Baru di Bukittinggi “Tak terasa kita sampai lagi di penghujung pekan hari ini. Saatnya refresh liburan akhir pekan. Kemanakah anda liburan akhir pekan ini? Inilah kota wisata yang tak ada bosan-bosanya memberikan keindahan bagi pengunjungnya..
  • Sabtu, 27 Juli 2019 - 21:46:14 WIB

    Wow Keren! Ternyata Banyak Objek Wisata yang Seru Dinikmati di Padang

    Wow Keren! Ternyata Banyak Objek Wisata yang Seru Dinikmati di Padang “Jika terlintas di pikiran Anda untuk berwisata ke Kota Padang namun hanya menemukan artikel yang mengulas legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya sebagai atraksi wisatanya, pencarian Anda akan berhenti sampai disini. Jangan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM